Home / Kabar

Rabu, 20 Mei 2020 - 23:09 WIB

Aliansi Masyarakat Kebun Raja; Bupati Harus Copot Asrul Hasan Sebagai Pjs Kades

Suasana Hearing Aliansi Masyarakat Kebun Raja dengan Pjs Kades, BPD, dan Pemerintah Kecamatan di Polsek Gane Timur.

Suasana Hearing Aliansi Masyarakat Kebun Raja dengan Pjs Kades, BPD, dan Pemerintah Kecamatan di Polsek Gane Timur.

Marijang.id, Halsel – Masyarakat Kebun Raja yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Kebun Raja melakukan Aksi Protes dan pemboikotan Kantor Desa Kebun Raja, Kecamatan Gane Timur pada Rabu (20/05).

Aksi Aliansi Masyarakat Kebun Raja ini akhirnya ditanggapi dengan cepat oleh Polsek Gane Timur untuk memediasi masyarakat dengan Pemerintah Desa. Proses mediasi dihadiri oleh Camat, perwakilan Koramil Maffa, dan BPD Desa Kebun Raja.

Dalam pertemuan ini masyarakat melontar rasa kekecewaan terhadap Pjs Kades Kebun Raja, Asrul Hasan, karena tidak transparan dan akuntabel (terbuka) soal penggunaan dana desa. Koordinator Aliansi Satar Arifin, menyampaikan beberapa tuntutan, yakni; Penolakan Perubahan APBDes tanpa ada keterlibatan masyarakat, Meminta Inspektorat agar mengaudit Pjs Kades, Pemerintah Desa segera merealisasikan dana 40 % tahap 1 tahun 2020, Pjs Kades Kebun Raja tidak terlalu serius dalam penanganan dan penggunaan dana Covid-19, Pemdes segerah memberikan BLT kepada masyarakat Kebun Raja, dan meminta Bupati Halmahera Selatan segara mencopot Pjs Kades Kebun Raja. Lanjut, Satar Arifin, bila tuntutan ini tidak diindahkan oleh Pemerintah maka Aliansi akan melakukan aksi dengan massa yang lebih banyak lagi.

Tampak dari luar suasana mediasi yang dilakukan di Polsek Gane Timur | Foto:Ul

Pada pertemuan tadi juga, masyarakat mendesak Pjs Kades harus meninggalkan Desa Kebun Raja secepatnya tanpa terkecuali.

Baca juga  Tim Gustu Covid-19 Tidore Diminta Untuk Wajib Perketat Protokol Kesehatan

Melihat kondisi ini, Kapolsek Kecamatan Gane Timur, M. Arsyad Dupa, mengambil jalan tengah dan menuruti permintaan masyarakat.

“Terkait tuntutan masyarakat Desa Kebun Raja mengenai Kinerja Pjs, saya selaku Kapolsek sebagai bagian dari Forkopincam hanya sebatas sebagai fasilitator untuk mempertemukan Aliansi masyarakat Desa Kebun Raja dengan Pemdes, terkait dengan tuntutan masyarakat agar saudara Asrul Hasan segera angkat kaki atau meninggal Desa sesuai permintaan masyarakat. Selanjutnya kita serahkan pada mekanisme atau aturan yang ada tentang tata cara pergantian pimpinan Desa, Sebagai Kapolsek saya pro aktif untuk merespon segala perselisihan di tengah-tengah masyarakat, sesuai tugas pokok saya selaku Harkamtibmas, Pelindung, Pengayom, pelayan masyarakat, serta melakukan Penegakan Hukum secara Profesional. Selebihnya kita serahkan kepada BPD apakah akan segera dilakukan paripurna (rapat putusan), dan merekomendasi saudara Asrul Hasan sagera diganti atau tidak,” jelas M. Arsyad Dupa.

Baca juga  Tidore Berduka, Di Penghujung Ramadan 1441 H Sekda Kota Tidore Tutup Usia

Sementara itu, Camat Kecamatan Gane Timur, Jais Ishak, SH, juga menyampaikan hal yang sama, kami pemerintah Kecamatan pada prinsipnya selalu mendengar aspirasi dari masyarakat dan menjadi penengah, selebihnya kita tunggu keputusan BPD untuk memutuskan dan merekomendasi pemberhentian Pjs Kades Kebun Raja.

Pjs Desa Kebun Raja, Asrul Hasan dikonfirmasi via telpon, menjelaskan, saya akan mengikuti permintaan masyarakat, untuk sementara waktu saya harus pergi sembari menunggu keputusan Pemerintah dalam hal ini BPMD sebagai perpanjangan tangan dari Bupati.

Lanjut Asrul, Secara legalitas hukum masa tugas saya sampai bulan Juni, tapi untuk menghindari konflik atau gesekan saya ikut apa mau masyarakat.

“Saya juga sudah serahkan dana BLT pada Bendahara Desa agar segara disalurkan sesuai dengan permintaan masyarakat,” akunya (Ul)

Share :

Baca Juga

Pemuda Batu Raja dan Cemara Jaya bersama TNI dan POLRI saat hearing

Kabar

Soal Pemboikotan Puskesmas oleh Pemuda Cemara Jaya dan Batu Raja: “Tidak ada Diskriminasi atas Sikap Kami”
Ismit Abas Hatary, Ketua KOMPAS

Kabar

Komunitas Pemilih Abdu-Asiz (KOMPAS) Ajak Generasi Milenial Jeli Melihat Pilkada Hal-Tim
Direktur BUMDes Jiko Mobon, Karim Syerif

Kabar

BUMDes Jiko Mobon dan Kopibangdes Ikuti Webinar Kemendes dan PT. Astra Internasional

Kabar

Hebat, Pasutri Berprofesi TNI dan Polri ini Berbagai Untuk Warga di Tengah Corona

Kabar

Yamatsa Bakal Hibah Tanah 1 Hektare Untuk Korban Covid-19 di Tidore

Kabar

Begini Cara Lurah dan Tim Satgas Covid-19 Gurabunga Cegah Penyebaran Virus
Bupati Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Ir. Muhdin H. Ma'bud saat bertemu masyarakat Kecamatan Wasile Selatan yang melakukan demonstrasi di Desa Nusajaya, Selasa (7/7)

Kabar

Bertemu Warga, Bupati Haltim Tindaklanjuti Tuntutan
Walikota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim

Kabar

Alhamdulillah, Wali Kota Tidore sudah Dinyatakan Sembuh dari Covid-19