Home / Akademika / Kabar

Minggu, 10 Mei 2020 - 23:06 WIB

Haris Pertama : Pulang Ke Kampung, Cara Pemuda Urus Pendidikan

Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pertama (ISTIMEWA)

Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pertama (ISTIMEWA)

Marijang.id, Tidore – Pemuda diminta kembali ke Kampung dan berikan pengabdian untuk membantu menuntaskan masalah pendidikan. Tidak cukup sekolah atau kuliah jauh dari Kampung, mungkin juga diberikan kesempatan dengan beasiswa untuk menimba ilmu di luar negeri. Namun pada akhirnya tidak mau lagi kembali ke Kampung, menikmati kehidupan diluar sana tanpa ada terobosan dan gerakan masif untuk membangun pendidikan di Kampung.

Hal ini disampaikan oleh Haris Pertama, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) pada diskusi yang digelar oleh Lembaga Sabua Foundation di sesi #5, Minggu (10/05).

Diskusi bertajuk Pemuda dan Pemajuan Pendidikan di Indonesia Timur menghadirkan pula Sunarman Sukamto, yang merupakan Tenaga Ahli Bidang Kajian dan pengelolaan Isu Politik, Hukum, Pertahanan, Ketahanan dan HAM Strategis pada Kantor Staf Kepresidenan RI.

Haris Pertama mengatakan jika dipotret secara luas, rata-rata masalah pendidikan yang kita hadapi di seluruh Indonesia hampir sama. Mulai dari akses atas ketersediaan bahan bacaan yang berkualitas, Tenaga Pendidik, Faktor Ekonomi, Kondisi Geografis, dan lain sebagainya. Ini masalah yang paling umum yang biasanya kita temui diberbagai daerah, tak terkecuali di Indonesia Timur.

Baca juga  Pemkot Bakal Lakukan Rapid Test Massal

Haris melanjutkan, saat ini kalau kita bicara pada konteks Pemuda, Pemajuan Pendidikan dan Indonesia Timur, yang ingin saya sampaikan adalah benahi mentalitas Pemuda. Banyak yang saya temukan anak-anak muda ini pergi kuliah jauh-jauh dari Kampung, misalnya ke Jakarta, mungkin juga ke Luar Negeri. Kalau mereka pulang ke Kampung, yang mereka tunjukan adalah fashion atau gaya, menampilkan kemewahan dan hal-hal lain yang berkonotasi sama. Semestinya, mereka berupaya menghadirkan lembaga-lembaga pendidikan non formal di Kampung, bikin program mahasiswa mengajar atau program lain yang difungsikan untuk pembinaan generasi. Apalagi, akses belajar di Kampung tergolong kurang tersentuh karena kondisi geografisnya.

“Anak Muda harusnya berfikir memberikan pendidikan yang berkesan dan membangun semangat terhadap mereka, para “anak-anak” yang orang tuanya berada dibawah garis ekonomi. Berikan mereka motivasi, ajarkan mereka membaca, ajarkan mereka bermimpi untuk jadi orang-orang hebat. Supaya mereka itu termotivasi. Jika anak-anak bergaul dengan orang yang sekolah, pasti pola pikirnya ingin belajar dan jadi orang pintar, Saya temui ini di banyak tempat yang telah saya kunjungi, tutur Haris.

Sebenarnya, masih banyak Pekerjaan Rumah bagi Anak Muda, khususnya di Indonesia Timur untuk berfikir memajukan pendidikan daerahnya. Tantangan besar ini, sekali lagi hanya bisa dijawab oleh anak muda.

Baca juga  Kodim 1505/Tidore Gelar Sosialisasi Antisipasi Balatkom dan Paham Radikal untuk Keselamatan NKRI

Haris melanjutkan, urusan pemajuan pendidikan hari ini bergantung pada Anak Muda, bukan hanya pada Negara. Anak Muda harus tampil dan bikin gebrakan. Jika hari ini, Sabua Foundation bikin diskusi, selanjutnya harus bikin aksi, Sabua yang di isi dengan kelompok anak muda ini harus turun Kampung, harus buat gerakan nyata. Saya mengapresiasi apa yang dibuat oleh Sabua Foundation ini, namun pesan saya ini juga berlaku untuk semua anak muda. Lakukan Aksi untuk menjawab masalah pendidikan yang dihadapi. Bangun kemitraan dan berjejaring sebanyak-banyaknya.

Saya di DPP KNPI, tetap membuka ruang untuk bersinergi bagi segenap Anak Muda yang mau berbakti dan berkarya, apalagi yang berkaitan dengan pendidikan.

“Sudah saya perintahkan juga pada Pengurus DPD KNPI di Provinsi serta Kabupaten/Kota untuk terus kawal kegiatan pemuda, buka ruang kerjasama. Kalau DPD KNPI di tempat kalian tidak mensupport agenda pemuda, sampaikan kepada saya, organisasi Pemuda kok tidak berpihak pada anak muda,” tutup Haris.

Share :

Baca Juga

Akademika

Siswa SMP Negeri 1 Halteng dapat Bantuan Seragam Sekolah
Wakil Wali Kota Tidore Kepualauan Muhammad Sinen, SE saat memberikan sambutan pada Pembukaan Rapat Kerja Daerah Tahun 2020 di Aula Sultan Nuku

Kabar

Pemkot Tidore Gelar Rakerda Pelayanan Publik dan Birokrasi

Kabar

Bantuan Rp 600 Ribu Dinilai Tak Sepadan, FPM Mafututu-Jiko Cobo Gelar Aksi
Musyawarah Besar Ikatan Pelajar Mahasiswa Wasile (IPMW) Kota Ternate

Kabar

IPMW Kota Ternate Gelar Musyawarah Besar
Kegiatan Perlombaan dalam Rangka HUT RI Ke-75 oleh Koramil 1505-08/Sofifi

Kabar

Koramil 1505-08/Sofifi Meriahkan HUT Ke 75 RI dengan Berbagai Mata Lomba
Pemuda Batu Raja dan Cemara Jaya bersama TNI dan POLRI saat hearing

Kabar

Soal Pemboikotan Puskesmas oleh Pemuda Cemara Jaya dan Batu Raja: “Tidak ada Diskriminasi atas Sikap Kami”

Kabar

Bawaslu Tidore Ingatkan kepada Parpol di Daerah Saat Pendaftaran Paslon

Kabar

Cegah Penyebaran Corona, RBR Aksi Damai Desak Pemkab Halteng Lakukan Hal Ini