Home / Kabar

Selasa, 16 Juni 2020 - 20:09 WIB

Akibat Transmisi Lokal, Bertambah Lagi 2 Kasus Baru Positif Covid-19 di Tidore

Juru Bicara Covid-19 Tidore,  Saiful Salim

Juru Bicara Covid-19 Tidore, Saiful Salim

Marijang.id, Tidore – Masyarat Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara diminta untuk tidak panik, namun tetap waspada dengan terus mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah. Seperti menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, menjaga kebersihan diri terutama rutin mencuci tangan, jaga jarak setiap interaksi fisik minimal 1,5 meter, jangan berkerumunan, jangan keluar rumah jika tidak ada urusan yang terlalu mendesak, tingkatkan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga ringan.

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Covid-19 Kota Tidore Kepulauan, Saiful Salim kepada Marijang.id saat menyampaikan rilis perkembangan kasus virus corona di Kota Tidore Kepulauan, Selasa, (16/06).

Kata saiful, hari ini (Selasa,16/06), Kota Tidore Kepulauan mengalami penambahan 2 (dua) kasus baru positif virus corona (Covid-19). Penambahan 2 kasus positif itu berdasarkan laporan hasil pemeriksaan PCR Laboratorium Prodia Ternate yang dikirim ke Gugus Tugas Kota Tidore Kepulauan.

“Keduanya, masing-masing Insial NI, perempuan usia 50 tahun asal Kelurahan Mareku, Kecamatan Tidore Utara yang kita sebutan pasien 313 dan insial R sebutan pasien 314 yang juga berjenis kelamin perempuan dengan usia 30 tahun, asal Kelurahan Fobaharu Kecamatan Tidore Utara,” jelas Saiful yang juga merupakan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) di Dinas Kesehatan Tidore ini.

Baca juga  Di Masa Krisis Coronavirus, Juru Bicara Harus Segar dan Menyentuh Emosi Masyarakat

Dijelaskan, sumber penularan kedua pasien tersebut melalui transmisi lokal, dimana pasien 313 dengan sumber penularannya dari pasien 300 insial MI yang tidak lain adalah suaminya sendiri, sedangkan pasien 314 sumber penularannya dari pasien 178 insial WN yang tidak lain adalah teman kerja sekantor.

“Jadi pemeriksaan spesimen swab mereka lewat jalur mandiri Prodia. Sehingga dengan penambahan 2 kasus baru ini maka Kota Tidore Kepulauan sampai dengan hari ini Selasa 16 Juni 2020 total komulatif pasien terkonfirmasi positif sebanyak 30 orang, 10 orang diantaranya sudah dinyatakan sembuh, 5 orang meninggal dunia dan 15 orang masih dalam penanganan,” bebernya.

Lebih lanjut, Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia Kota Tidore Kepulauan (PPNI) ini menyampaikan, untuk hari ini, hasil spesimen uji swab yang diterima pihaknya dari laboratorium Prodia Ternate sebanyak 4 orang. 1 orang hasilnya negatif berinsial N.F, 1 orang positif berinisial N tetapi berdomisili di Ternate sehingga pihaknya kembalikan ke Gugus Tugas Kota Ternate dan 2 positif adalah Warga Kota Tidore Kepulauan.

Baca juga  Tahun Depan, Seluruh Halteng Sudah Gunakan Teknologi 4G

Dikatakan pula, dengan terjadi penambahan kasus tersebut maka pihaknya mengharapkan kepada masyarakat agar tidak panik namun tetap mamatuhi protokol kesehatan yang ada dengan menjadikan protokol kesehatan sebagai suatu kebiasaan sehari-hari terutama di masa pandemik ini, mengingat saat ini juga telah dibukanya akses masuk tanpa syarat ke Kota Tidore Kepulauan.

Selain itu juga, pihaknya berharap agar masyarakat tidak mengucilkan atau stigma terhadap orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan keluarganya, mengingat penyakit ini adalah bukan penyakit aib atau memalukan.

“Sehingga kita perlu memberikan support, menyemangati mereka sehingga bisa cepat sembuh dan kembali bersama keluarga, terima kasih,” tuturnya. (Dym-12)

Share :

Baca Juga

Ketua KNPI Sula terpilih, Amirudin S.A Ahmad atau Nabas saat foto bersama Ketua OKK DPD KNPI Malut, Samir Jahum beserta Presidium Sidang Musda KNPI Sula

Kabar

Amirudin S.A Ahmad Terpilih Menakhodai KNPI Sula
Mayjen (Purn) TNI Sumiharjo Pakpahan bersama Basri Salama dan Pengurus Partai Hanura Kota Tidore Kepulauan

Kabar

Kunjungan DPP HANURA Memantapkan Kemenangan Bagus
Founder Syukurdofu Indonesia, Abd. Haris Muhiddin

Kabar

Besok, Pendaftaran UMKM Festival oleh Syukurdofu Indonesia ditutup
Media Center Gustu Covid-19 Halteng

Kabar

Ini Data Terbaru Perkembangan Situasi Covid-19 di Halteng
Sambutan direktur PusKaMIK, Dr. Jubair Situmorang., M.Ag dalam pembukaan kegiatan SERIOLOGI

Kabar

PusKaMIK IAIN Ternate Gelar Kegiatan SERIOLOGI

Kabar

PGRI Halteng Sampaikan Keluhan Guru, Kepala Sekolah Serta Pengawas

Kabar

Sudah 933 Pedagang di Tidore Jalani Rapid Test Massal, Ada yang Reaktif

Akademika

Peringati Hari Bumi, Prodi Geografi STKIP Nuuwar Fakfak Aksi Sosial, Ajak Masyarakat Cinta Lingkungan