Home / Kabar

Rabu, 3 Juni 2020 - 23:32 WIB

Diduga Terpapar Lewat Transmisi Lokal, Satu Pasien Positif Covid-19 di Tidore Meninggal Dunia

Tim Pemakaman Covid-19 Kota Tidore Kepuauan melakukan briefing persipan pemakaman jenazah Covid-19

Tim Pemakaman Covid-19 Kota Tidore Kepuauan melakukan briefing persipan pemakaman jenazah Covid-19

Marijang.id, Tidore – Satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tidore Kepulauan pada Rabu, (03/06) sekira pukul 17.55 WIT meninggal dunia di Rumah Sakit Daerah (RSD) Tidore.

Sebelumnya, pasien 173 berjenis kelamin perempuan dengan usia 75 tahun itu, dirawat kurang lebih 10 hari di RSD Tidore dengan status pasien dalam pengawasan (PDP).

Juru Bicara Covid-19 Kota Tidore Kepulauan, Saiful Salim kepada Marijang.id via aplikasi tukar pesan (WhatsApp), Rabu, (03/06) malam ini mengatakan, awalnya, almarhumah masuk RS sehari kemudian langsung dilakukan rapid test, karena hasil pemeriksaan penunjang foto thorax atau rontgenĀ dada mengarah ke Covid-19 dengan gejala klinis pada gangguan pernapasan. Sehingga pihak RS langsung melakukan rapid test dan hasilnya reaktif.

Informasi Covid-19

Juru Bicara Covid-19 Kota Tidore Kepulauan, Saiful Salim

“Karena reaktif rapid test, pasien langsung dilakukan pengambilan swab dan dirawat diruang Isolasi RSD Tidore,” kata Saiful.

Baca juga  Tentang ini, Saya Sangat Egois

Dikatakan, kemudian pada tanggal 2 Juni 2020 kemarin, Tim Gugus Tugas Kota Tidore Kepulauan mendapatkan surat pemberitahuan dari Gugus Tugas Provinsi Maluku Utara, almarhumah dinyatakan positif Covid-19 melalui pemeriksaan TCM di laboratorium RSUD Dr. Chasan Basoeri Ternate.

“Jadi saat masuk RS almarhumah masih statusnya PDP tapi saat meninggal, almarhumah sudah terkonfirmasi positif,” jelas Saiful.

Dijelaskan, almarhumah tidak mempunyai riwayat perjalanan dari luar daerah sehingga kasus tersebut bisa dikategorikan transmisi lokal.

“Namun sampai saat ini kita belum mengetahui sumber penularannya,” ujar Saiful.

Sementara ditanya soal pemakaman, kata Saiful, tetap menggunakan protokol Covid-19 oleh Tim Pemakaman Gugus Tugas Kota Tidore Kepulauan.

“Pemakaman direncanakan malam ini di pekuburan Kelurahan Soasio Tidore dengan menggunakan protap Covid oleh Tim Pemakaman Gugus Tugas Kota Tidore Kepulauan,” akunya.

Baca juga  Hari Pertama Rapid Test Pedagang di Pasar Sarimalaha, Begini Hasilnya

Saiful pun meminta kepada masyrakat untuk tidak panik, tetap tenang dengan selaku ikuti himbauan dari pemerintah tentang protokol kesehatan.

“Masyarakat tetap tenang, tetap di rumah, selalu menjaga jarak dalam berinteraksi fisik terutama di moment lebaran begini, agar selalu hindari kerumunan, selalu mencuci tangan dan selalu menggunakan masker saat keluar rumah,” pungaksnya.

Selain itu, tambah Saiful, untuk dapat memutuskan mata rantai penularan Covid-19, tentunya membutuhkan dukungan semua masyarakat dalam hal pengawasan kepatuhan protokol kesehatan, apalagi saat ini Kota Tidore Kepulauan sudah termasuk daerah transmisi lokal yang tentunya membutuhkan kerja keras tim gugus terutam tim kesehatan.

“Mari kita beri dukungan kepada mereka, ino fo maku waje laha laha, maku toa soninga se fo maku sogise,” tuturnya. (Dim-12)

Share :

Baca Juga

Kegiatan Penyuluhan Kesehatan TMMD ke-108 Kodim 1505/Tidore

Kabar

Peduli Kesehatan, Satgas TMMD Kodim 1505 Terus Gandeng Tim Kesehatan Lakukan Penyuluhan
BPBD Halsel, distribusi Sembako di Desa Lalubi dan Transmigrasi

Kabar

Pemda Halmahera Selatan Distribusi Bantuan ke Gane Pasca Banjir
Saiful Salim

Kabar

Ini Tindak Lanjut Gugus Covid-19 untuk Pedagang yang Reaktif Rapid Test
Penyerahan Penghargaan Satya Lencana oleh Ketua KPU Tidore, Abdullah Dahlan kepada kelima ASN

Kabar

Presiden Joko Widodo Anugerahi Satya Lencana kepada Lima ASN di KPU Tidore

Kabar

Kades Soalkan Anggaran, Posko Pantau Gurua Terancam Tutup, Petugas Medis dan Staf Kecewa
Dokumentasi Kegiatan JKAI di Unkhair Ternate, Maluku Utara

Kabar

JKAI, Bergerak Bersama Untuk Indonesia
Simulasi Pemungutan dan Penghitungan di Kantor KPU Tidore

Kabar

KPU Tidore Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Menggunakan Sirekap
Saiful Salim

Kabar

Pasien 128 Terkonfirmasi Positif Corona, Swab Test Massal Bakal Dilakukan