Home / Kabar / Tokoh

Selasa, 2 Juni 2020 - 10:08 WIB

Mengenal Lebih Dekat Kru Marijang.id

Marijang.id merupakan Media Online yang berbasis di Kota di Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara. Didirikan pada tanggal 12 April 2020, bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Tidore ke 912 tahun.

Marijang.id berupaya untuk terus mengabarkan Informasi yang cepat dan kredibel dalam setiap pemberitaan untuk para peselancar/pencari informasi dimana pun berada.

Dukungan masyarakat dari Kota Tidore Kepulauan khususnya, dan Maluku Utara pada umumnya sangat  diharapkan dalam perkembangan Marijang.id kedepan. Kami hadir dengan slogan: #MenjaringInformasi.

Pada kesempatan ini, kami akan mengenalkan kepada Publik/Sahabat Marijang, Para Kru Marijang.id yang akan bekerja untuk terus mengabarkan Informasi kepada anda.

Siapa saja, ayo kita lihat :

Menjaring Informasi

Suyono Sahmil, kelahiran Tidore.  Menyelesaikan pendidikan Strata Satu (S1) di Fakultas Hukum Unkhair Ternate. Saat ini, sedang memulai karir sebagai seorang Pengacara. Semasa kuliah, aktif berhimpun di Unit Kegiatan Mahasiswa Golongan Penulis Mahasiswa Unkhair (UKM GO PENA) pada Divisi Pers Kampus sebagai Wakil Pimpinan Redaksi Tabloid Kampus “LENTERA” dan Sekretaris Umum UKM GO PENA.  Saat ini, memegang jabatan sebagai Direktur Lapangan LSM Sabua Foundation yang fokus pada isu-isu  Pendidikan di Indonesia Timur.

Sebelum Mendirikan Marijang.id, juga merupakan Wartawan di TvonlineTidore di bawah naungan PT. FAILANG MEDIA GRUP.  Pengalaman berhimpun dan mengelola media kampus serta berproses di TvonlineTidore membuatnya memilih jalan untuk mendirikan Marijang.id sebagai Platform Media Online yang berbasis di Kota Tidore Kepulauan. Tujuannya untuk menghimpun anak-anak muda yang ingin belajar dan berkarya, berkontribusi untuk Indonesia.

Nurcholish Rustam, Lahir tanggal 8 Februari 1990 di Maffa Kec. Gane Timur Kab. Halmahera Selatan. Putra bungsu dari tiga bersaudara ini menamatkan pendidikan SD-SMA di Ternate, kemudian melanjutkan studi S1 Hub. Internasional di Universitas 45 Makassar, dan studi S2 di Fisip Universitas Nasional Jakarta dengan konsentrasi Politik Lokal & Otonomi Daerah.

Laki-laki yang biasa disapa NR ini aktif sebagai T.A F-PAN DPRD Provinsi Maluku Utara. Sedangkan aktivitas keorganisasian dijalani pada pemuda Pancasila sebagai juru bicara MPC Pemuda Pancasila Kota Ternate.

Sebelum bergabung di Marijang.id, beliau bekerja sebagai konsultan di Kementerian Desa pada kurun waktu 2016-2019. Selain itu, aktif juga di berbagai kegiatan sosial bersama Pemuda Pancasila Kota Ternate.

M. Sanusi Taran. S.H, kelahiran Tidore, 30 Agustus 1990. Akrab disapa Ucit Arciles, menyelesaikan pendidikan terakhir di Fakutas Hukum Universitas Khairun.  Ternate. Saat ini berprofesi sebagai Pengacara dan memimpin Firma Hukum ” MST LAW FIRM “. Dalam perjalanan karirnya, dirinya pernah diberikan kepercayaan utk bergabung di Lembaga Bantuan Hukum Marimoi sebagai ketua Bidang Advokasi Hukum & HAM. Dalam prinsip hidupnya ia selalu termotivasi agar selalu menjadi pengacara “bernurani”, sebab dengan itu ia bisa memberikan senyum dan kebahagian untuk orang lain.

Irwawanto Malik, S.H. lahir di Tidore 16 Juli 1990, anak ke 5 dari lima bersaudara,  laki-laki yang biasa dipanggil  Oneckhep ini menyelesaikan pendidikan Strata 1 di Fakultas Hukum, Universitas Khairun. Saat ini sedang membangun karirnya sebagai seorang pengacara muda di tanah Hibualamo Tobelo dan di tanah Kota Daeng Makassar.

Baca juga  Orang Nomor Satu di Tidore Terkonfirmasi Positif Corona

Munisa Gajali lahir di Mareku, 8 juni 1996. Alamat Kel.Mareku Kec.Tidore Utara. Saat ini berprofesi sebagai Guru Honorer pada salah satu sekolah SMA di Kota Ternate. Motto; Hiduplah yang berarti sebab hidup hanya sekali.

Ibnu Mulkam, lebih akrab disapa Uckham. Tinggal di Kota Ternate. Lelaki yang berasal dari Pulau Gebe ini sehari-hari bekerja sebagai fotografer. Pada tahun 2019 menggagas perkumpulan/organisasi Gebe Creative Network (GCN), bersama beberapa rekan-rekan yang berasal dari Gebe untuk pemajuan kreativitas dan kerja sosial bagi generasi Pulau Gebe. GCN dapat diakses melalui http://gebecreative.net/?cat=-1. Saat ini Uckham menjadi Kepala Desain di Marijang.id

Hendra Alim SH. Lahir di Ternate 11 April 1995. Selama menempuh pendidikan di Universitas Khairun Ternate, aktif di berbagai organisasi Kemahasiswaan maupun kepemudaan di antaranya, Pengurus HMI Komisariat Hukum 2017-2018. Pengurus DPD KNPI Kota Ternate 2018-2021. Dan juga sebagai Ketua di Serikat pelajar Mahasiswa Totodoku(SPMT) yang menggabungkan 3 desa besar di Pulau Morotai, Yaitu Totodoku, Joubela dan Mandiri. Dan juga sebagai Pendiri salah satu komunitas besar di Morotai yakni Komunitas Langkah Kreatif (KLASIK). Hendra yang sapaan akbar Enda memiliki motto hidup yakni kita harus berguna dulu buat Desa setelah itu bergunalah buat Kabupaten/Kota.

Asri Juniati Soamole, lahir di Sorong Papua Barat pada 19 Juni 1993. Wanita yang akrab disapa Acy ini merupakan Pegiat Literasi dan Instruktur Bahasa Inggris. Saat ini, Acy sedang menempuh pendidikan masternya di USA. Ia juga fokus menjalankan online kursus Bahasa Inggris dan jasa translation dengan nama The Dandelion Academy. Asri percaya bahwa pendidikan bukanlah alat untuk mendapatkan gelar dan mencari hidup. Tetapi pendidikan adalah hidup itu sendiri.

Elya Ayunda, lahir di Ternate 31 Desember 1993. Menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Ekonomi Univ. Pasundan Bandung. Selama menempuh studi di Bandung, selalu terlibat pada kegiatan alam dan aktif di beberapa pkerjaan sukarelawan, salah satunya Greenpeace Indonesia. Ayu, sapaan akrabnya, saat ini sedang melanjutkan pendidikan di Hamburg (Jerman), dan masih aktif sebagai sukarelawan di salah satu Yayasan yang concern terhadap orang-orang yang memiliki keterbelakangan mental di Hamburg.

Sudirman Sahmil, lahir di Tidore, 5 Juli 1988. Pernah bekerja di beberapa media daring dan cetak, baik lokal maupun Nasional. Bahkan, dirinya juga merupakan Pimpinan Redaksi di media daring Tv Online Tidore (tvonlinetidore.net) yang juga satu perusahan dengan Marijang.id yakni PT Failang Media Grup.

Diman, sapaan akrab wartawan Marijang.id ini memiliki motto hidup; terus menjadikan diri ini berguna bagi orang lain.

Saleh Ibrahim, lahir di Maffa pada tanggal 21 Mei 1997, saat ini beralamat  di Desa Kebun Raja, Halmahera Selatan.  Berhimpun dalam organisasi Center Gerakan Mahasiswa Indonesia (CGMI), Moto: ingin menjadi manusia yang lebih berguna, dan memiliki rasa kasih sayang terhadap kemanusiaan.

Asrul Lamunu, lahir pada 19 September, 1988 di Halmahera. Selama menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi (PT/S1), aktif diberbagai organisasi ekstra maupun intra, diantara; pada 2010 mengikuti treaning LK-1 HMI, 2011 bergabung di Forum Lingkar Pena (FLP) Malut, pada 2011 bersama teman-teman mendirikan Himpunan Mahasiswa Antropologi Sosial dan menjabat sebagai Ketua Umum Pertama, di tahun 2017 mengikuti bergabung di GMNI Ternate, juga menjabat sebagai Ketua Gopena Unkhair, sekaligus tergabung Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) di Semarang. Sekarang selain aktif sebagai Ketua Alumni Antropologi Unkhair, juga bergabung di media online (Marijang.id dan Focus Malut).

Baca juga  Kunjungan DPP HANURA Memantapkan Kemenangan Bagus

Julfian Wahab, dilahirkan di salah satu desa kecil di pesisir Halmahera Timur tepatnya di Desa  Fayaul pada 28 Oktober 1995. Saat ini sedang menyelesaikan studi akhir di Universitas Muhammadiyah Maluku Utara. Dalam mengasah pengetahuan keintelektualannya, memilih bergabung dengan organisasi kemahasiswaan semi LSM yaknI PILAS INSTITUTE.  Selain itu,  dia juga tergabung dalam organisasi HMI, dan pernah menjadi pengurus Komisariat Sastra HMI cabang Ternate. Memliliki motto; hidup yang tak diperjuangkan takan pernah dimenangkan.

Sumarjo Makitulung (acoMk), lahir di Sofifi, 18 Maret 1996. Saat ini sedang menyelesaikan studi Strata Satu (S1) di Fakultas Hukum  Universitas Khairun, Ternate. Membangun karirnya sebagai seorang musisi (band), mendapatkan penghasilan dari panggung ke panggung/dari penghasilan YouTube nya.  Pernah mendirikan komunitas yang bergerak pada bidang lingkungan dan melakukan gerakan gerakan protes pemerintah dengan seni sebagai instrumennya. Ikut  mendirikan beberapa rumah baca di pelosok-pelosok Halmahera. Pria Kurus dan Gondrong ini memilih tinggal di wilayah Oba Utara dan mendaulat dirinya sendiri menjadi Presiden seumur hidup (Presiden Nort Oba).

Fihri Ali (vir ), lahir di Loloda Kepulauan, Salube Pada 18 Februari 1994. Saat ini sedang menyelesaikan studi Strata Satu (S1) pada Fakultas Sospol, Prodi Administrasi Negara Universitas Pasifik Pulau Morotai. Pernah menulis di beberapa media sastra lokal, salah satunya ialah KPJ (Komunitas Parlemen Jalanan) Maluku Utara. Vir merupakan pendiri Literasi Jalanan dari Timur yang bergerak di bidang kesusatraan juga sebagai Camerad aktif GAMHAS Maluku Utara.

Firman Mansur, lahir pada 2 Mei 1996 di Tokaka Halmahera Selatan.  Selama menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi (PT/S1), aktif diberbagai organisasi ekstra maupun intra, diantara; pada 2016 mengikuti treaning LK-1 HMI Komisariat Hukum Unkhair, 2016 bergabung di Pemilihan Duta Bahasa Malut dan perlombahan penulis cerpen, pada 2018 bersama keluarga besar mendirikan perusahan kontraktor  dan menjabat sebagai Manajer Keuangan, di tahun 2019 bergabung dan menimba pengalaman di media online dan cetak Posko malut Ternate, dan selanjutnya juga menjabat sebagai Ketua Reporter. Saat ini, sedang melanjutkan pendidikan S-2 Di UMY.

Nah, para sahabat Marijang, demikian telah kami kenalkan para Kru Marijang.id. Di masa Pandemi Corona ini, kami juga mengajak para sahabat untuk tetap ikuti protokol Pemerintah dalam upaya pencegahan dan penyebaran virus Corona. Tetap kuat dan mari terus tingkatkan solidaritas sosial antar sesama. Jangan lupa gunakan masker saat bepergian dan selalu jaga Jarak ☺️ (Red)

Share :

Baca Juga

Nobar Film Sejarah oleh Komunitas Jagaloa Afa-Afa

Kabar

Komunitas Jagaloa Afa-Afa Gelar Nobar Film Sejarah Indonesia
Paslon AMAN

Kabar

Paslon AMAN Mendaftar ke KPU
Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Tidore Kepulauan mengikuti pertemuan Koordinasi Pelaksanaan Vaksin Covid-19

Kabar

Pemkot Tidore Gelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Vaksinasi
Direktur BUMDes Jiko Mobon, Karim Syerif

Kabar

BUMDes Jiko Mobon dan Kopibangdes Ikuti Webinar Kemendes dan PT. Astra Internasional
Nurcholish Rustam

Kabar

Pemimpin dan Nalar Ekologis
Aliansi Mahasiswa Lingkar Tambang Halmahera Timur (Haltim), menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Utama PT. Antam Tbk pada Rabu (10/06)

Kabar

Gelar Aksi di Depan Kantor Antam Tbk, Aliansi Mahasiswa Lingkar Tambang Haltim Tuntut Sejumlah Persoalan

Kabar

DPW NasDem Malut akan Gelar RAKERWIL
Calon Wakil Wali Kota Tidore, Ustad Guntur Alting (Istimewa)

Kabar

Ustad Guntur Alting: Tetap Jaga Keakraban dan Umur Silaturahmi