Home / Kabar

Kamis, 4 Juni 2020 - 16:09 WIB

Kondisi Puskesmas Memprihatinkan, Petugas Minta Bangunan Baru

Tampak sisi bagian dalam Puskesmas | foto: Saleh Ibrahim

Tampak sisi bagian dalam Puskesmas | foto: Saleh Ibrahim

Marijang.id, Halsel – Kondisi bangunan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Kecamatan Gane Timur, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) sangat memprihatinkan.

Pasalnya, puskesmas yang dibangun dari tahun 1970 an ini, bagian atapnya sudah mulai bocor. Begitu juga dengan kondisi plafon, sehingga bila hujan deras, membuat kewalahan para petugas di puskesmas yang terletak di Desa Kebun Raja tersebut.

Informasi yang dihimpun media ini, bangunan puskesmas itu sampai saat ini belum diperhatikan oleh pemerintah daerah.

Kepala Tata Usaha (KTU) Puskesmas, Mochtar Ahmad mengatakan, paling tidak pemerintah membangun puskesmas yang lebih layak, agar pihaknya dapat bekerja sebaik dan senyaman mungkin.

“Puskesmas ini kalau sudah terjadi hujan deras, kami bingung, kami hanya menghawatirkan pasien, kalau banyaknya pasien yang nginap, bahkan kami juga kewalahan kalau terjadi hujan deras, mau lihat pasien sementara bangunan dalam puskesmas ini basah karena hujan,” jelasnya.

Baca juga  Tim Wasev Lakukan Peninjauan Sasaran TMMD Ke 108 Kodim 1505/Tidore

Dijelaskan juga, untuk tranportasi berupa ambulance, sudah dua tahun ini ambulance Puskesmas mengalami kerusakan. Sementara dari pihak puskesmas sudah mencoba memperbaiki, namun masih tidak dapat diperbaiki.

Ditanya, soal pelayanan tenaga medis ke pasien, Mochtar mengatakan, mereka selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, selagi itu masih bisa untuk ditangani.

“Namun kalau sudah tidak bisa kita tangani, pasien tersebut harus di rujuk ke rumah sakit terdekat, weda misalnya, itu pun dari keluarga pasien masih mengeluh, dikarenakan kalau dirujuk ke rumah sakit Weda pasti akan banyak biaya yang dikeluarkan oleh keluarga pasien,” ujar Mochtar.

Mochtar juga menyampaikan, pihaknya selaku petugas medis sudah berulang ulang kali menyediakan oksigen, sebab oksigen ini dapat membantu pasien yang sesak nafas, walau pun ada oksigen yang disediakan, tetap saja pasien yang sudah kritis harus tetap di rujuk.

Baca juga  Mulai 1 Agustus, Seluruh Masyarakat Tidore Diminta Kibarkan Bendera Merah Putih 

“Dan kalau dirujuk harus menggunakan bantuan oksigen, agar pasien dapat bertahan sampai tujuan,” akunya.

Kepada wartawan Marijang.id, Mochtar menceritakan, semenjak menjadi pegawai tahun 1988, puskesmas ini sampai sekarang tetap saja di rehab dan di rehab. Sedangkan, kata dia, kalau dilihat di Maluku Utara ini, ada puskesmas yang baru berdiri kemarin, namun puskesmas tersebut sudah dua kali di ganti dengan bangunan yang baru.

“Sementara puskesmas di Desa ini masih di rehab dan rehab, kemarin direhab saja cuma kap deng bagian dalam, ini bagaimana kira-kira,” ucapnya.

Dirinya pun mengeluh, bahwa sudah begitu lama dan bahkan mungkin dirinya pensiun, tidak akan menikmati bangunan puskemas yang baru.

“Sebentar lagi akan pensiun dan saya tidak menikmati bangunan puskesmas yang baru, muda-mudahan puskesmas ini dapat perhatian dari pemerintah daerah, sehingga dapat membangun puskesmas yang baru,” harapnya. (Saleh-12)

Share :

Baca Juga

Suyono Sahmil, Sekretaris Panitia Musda DPD KNPI Maluku Utara

Kabar

DPD KNPI Provinsi Maluku Utara Siap Gelar RAPIMDA
Foto bersama usai pengukuhan (Istimewa)

Kabar

PCNU Tangsel Gelar Pengukuhan Pengurus LWPNU

Kabar

Pendapatan Terganggu, Fraksi Nasdem Ajak Pemkot Carikan Solusi
Foto bersama Mendagri Tito Karnavian pada Rapat Koordinasi Kesiapan Pilkada serentak Tahun 2020 dan pengarahan kepada gugus Tugas Covid-19 di di Royal Resto Ternate, Kamis ( 9/7) sore tadi.

Kabar

Walikota Tidore Diapresiasi Mendagri, Terima Kasih Pak Wali
Rustam Ade

Kabar

Rustam Ade : Aswaja Harus Menjadi Spirit Berfikir dan Bergerak Kader Muda Nahdlatul Ulama

Kabar

Di Tengah Pandemi Corona, Kapolres Tidore Berikan Bantuan kepada Insan Pers

Kabar

KAPITA Malut, Garda Nuku, TJC dan Hay Ternate Lakukan Aksi Sosial
Foto bersama usai sidang (Hendra Alim)

Kabar

Musda Ke-II MD KAHMI Ternate Berlangsung Khidmat, ini 9 Presidium Terpilih