Home / Kabar

Kamis, 11 Juni 2020 - 20:13 WIB

Terjadi Penambahan 2 Kasus Positif Covid-19 di Kota Tidore Kepulauan

Juru Bicara Covid-19 Kota Tidore Kepulauan, Saiful Salim

Juru Bicara Covid-19 Kota Tidore Kepulauan, Saiful Salim

Marijang.id, Tidore – Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara, mengalami penambahan dua kasus pasien terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) pada, Kamis (11/06).

Hal itu disampaikan oleh Juru Bicara Covid-19 Kota Tidore Kepulauan, Saiful Salim saat dikonfirmasi Marijang.id via aplikasi tukar pesan (WhatsApp), Kamis (11/06) malam.

“Hari ini, Kamis 11 Juni 2020, Kota Tidore Kepulauan terjadi penambahan 2 kasus positif baru, masing-masing insial AAP laki-laki usia 26 tahun asal Kelurahan Tomagoba dan RM perempuan usia 36 tahun juga berasal dari Kelurahan Tomagoba, Kecamatan Tidore,” kata Saiful.

Lebih lanjut, tambah Siful yang juga merupakan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) di Dinas Kesehatan Tidore ini, mengatakan bahwa, untuk AAP dilakukan pemeriksaan spesimen swab melalui jalur mandiri di Prodia Ternate dan hasilnya telah dikirim ke pihaknya pada hari ini (Kamis, 11/06) dengan terkonfirmasi positif.

“Saat ini kita telah evakuasi ke tempat karantina untuk penanganan lebih lanjut, karena keadaan umum pasiennya baik tidak ada keluhan sehingga kita tidak evakuasi ke ruang isolasi RSD Tikep,” jelas Ipul, sapaan akrab Saiful.

Baca juga  Syukurdofu Indonesia Dorong Pengembangan UMKM Tidore dengan Gelaran UMKM Festival 2021

Sedangkan untuk pasien dengan inisial RM, jelas Ipul, sesuai laporan yang diterima pihaknya, pasien tersebut ada di RSUD Dr. Chasan Basoeri Ternate. Diduga yang bersangkutan bersilaturahmi dengan keluarga di Ternate, kemudian sakit dan masuk ke RS lalu dari hasil uji swab melalui TCM Lab RSCB terkonfirmasi positif.

“Sementara pasien masih di RS tetapi sesuai laporan yang diterima, keadaan umumnya sudah membaik,” ujarnya.

Dijelaskan, untuk AAP mempunyai riwayat kontak dengan pasien positif, karena kesehariannya sebagai tenaga kesehatan yang bertugas di Ruang Isoalasi RSD Tidore Kepulauan. Sementara RM adalah pegawai di Dinas Perhubungan Kota Tidore Kepulauan.

“Kita belum mengetahui sumber penularannya dari mana, nanti besok dilakukan tracking dan penyelidikan epidemiologi untuk mencari tau sumber penularannya,” tutur Jubir.

Selain penambahan dua kasus pasien terkonfirmasi positif, untuk hari ini, tambah Jubir, ada satu pasien yang terkonfirmasi sembuh berinisial Z asal Kelurahan Tongowai, Kecamatan Tidore Selatan.

“Setelah pemeriksaan follow up 2 kali negatif sehingga telah dinyatakan sembuh dan sore tadi sudah dipulangkan ke Tidore oleh Tim Gugus Tugas Provinsi,” pungkasnya.

Baca juga  Terorisme, Covid 19 dan Tragedi Kemanusiaan

Sementara, untuk jumlah keseluruhan terkonfirmasi positif di Kota Tidore Kepulauan hingga Kamis, 11 Juni 2020 sebanyak 25 orang. Dari 25 orang itu, 10 orang sudah dinyatakan sembuh dan 5 meninggal dunia.

Saiful yang juga merupakan Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia Kota Tidore Kepulauan (PPNI) itu pun berharap, agar protokol kesehatan harus menjadi hal yang wajib dipatuhi oleh masyarakat di Kota Tidore Kepulauan agar bersama terhindar dari penularan virus corona.

“Gunakan masker, menjaga kebersihan diri terutama rutin mencuci tangan, jaga jarak setiap interaksi fisik minimal 1,5 meter, jangan keluar rumah jika tidak ada urusan yang terlalu mendesak, termasuk hindari kerumunan. Serta tingkatkan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga ringan. Jadikan protokol kesehatan ini sebagai suatu kebiasaan sehari hari, terutama di masa pandemik ini, mengingat saat ini juga telah dibukanya akses masuk tanpa syarat ke Kota Tidore Kepulauan,” tandasnya. (Dym-12)

Share :

Baca Juga

Panwas Kec. Oba bersama Panwaslu Desa melakukan silaturahmi dan pembagian selebaran Instruksi Pemerintah Kota Tidore tentang Netralitas ASN pada pemilihan kepala daerah serentak 2020.

Kabar

Menjaga Netralitas ASN, Panwaslu Kec. Oba bersama Panwaslu Desa Lakukan Silaturahmi
Remote Learning - Pembelajaran Jarak Jauh oleh AIMEP

Akademika

Mutiara Pandemik: Mengikat Makna PJJ di Australia dan Indonesia
Sekretaris DPC PBB Halteng, Usman Nahrawi

Kabar

Kata Sekretaris DPC PBB Halteng, DPRD Halteng Menodai Kehormatan Sendiri
Foto bersama seusai musyawarah

Akademika

M. Asrul Nahkoda Baru Ikatan Pelajar Mahasiswa Wasile (IPMW) Kota Ternate
Rahmad Sadik Gafur saat menyampaikan pidato kemenangan

Kabar

Pemuda Tafure Terpilih Menakhodai KNPI Ternate

Kabar

(Download) Peraturan Walikota Tidore Kepulauan Tentang Pembukaan Akses Keluar Masuk di TidoreĀ 

Kabar

Tips Sehat Mental di Masa Pandemi ala Psikolog Ratih Arruum Listiyandini
Distribusi Sajadah ke Masjid Nurul Jannah Kelurahan Tafure, Ternate Utara

Kabar

MPW PP Malut Bagikan Sajadah Anti Covid-19 pada 10 Masjid/Musala di Kota Ternate