Home / Kabar

Senin, 22 Juni 2020 - 20:48 WIB

Zainuddin Arahaim; Mari Saling Dukung dalam Pelestarian Lingkungan

Marijang.id, Tidore – Pelestarian lingkungan adalah tanggung jawab semua pihak, apalagi yang berkaitan dengan kawasan konservasi, seperti pulau Failonga.

Hal tersebut disampaikan oleh Zainuddin Arahaim, Pengelola Taman Dourube, Kecamatan Tidore Timur, Kota Tidore Kepulauan kepada Marijang.id melalui aplikasi tukar pesan (WhatsApp), pada Minggu (20/06).

Sebagai anak cucu Gimalaha Doyado, dirinya menyesali perbuatan tidak terpuji yang dilakukan oleh beberapa orang (wisatawan) ketika berkunjung ke Pulau Failonga, yang saling adu jotos, menunjukkan kemampuan bela diri dan tidak jelas mau dikemanakan maksudnya.

Sebagai pelopor dan pegiat kawasan destinasi wisata di Kota Tidore Kepulauan, dirinya mengajak masyarakat di kecamatan Tidore Timur dan Kota Tidore untuk saling bahu-membahu dalam pelestarian lingkungan, terlebih untuk pulau Failonga, sebab kawasan pulau ini bukan hanya berdiri sebagi destinasi wisata, tetapi ada nilai budaya yang telah lama dijaga dan dihormati, ada sisi magis dan ritus.

Baca juga  Terjadi Penambahan 2 Kasus Positif Covid-19 di Kota Tidore Kepulauan

“Failonga itu, ada dia pe karamat dan kabasaran, jang ngoni bikin diri jago-jago deng tunjuk pande di lao”, tutur Zainuddin.

Lanjutnya, sebagai anak cucu Doyado, dirinya mengutuk keras terhadap warga yang berkunjung di kawasan pulau Karamat Failonga, dan melakukan aksi perkelahian pada Minggu (21/06) kemarin.

Baca juga  DPRD Halteng Keluarkan 7 Poin Rekomendasi untuk PT BPN

“Saya sudah sampaikan ini ke Pemerintah Kecamatan dan Kelurahan, selanjutnya juga ke Pihak Kepolisian untuk ditindaklanjuti secara hukum, saya tidak mau, kejadian ini terulang kembali dan memakan korban jiwa, seperti yang pernah terjadi di kawasan Pantai Akesahu tahun 2014 silam”, tulis Zainuddin.

“Failonga adalah pulau kecil yang penuh karamat disaat masyarakat adat Gimalaha Doyado melakukan kegiatan ritual. Peristiwa seperti minggu kemarin semestinya tidak perlu terjadi, sebab itu mencoreng kita dari sisi Nilai dan Budaya yang selama ini sudah dijaga dan dipelihara, itu sebabnya mari saling mendukung untuk kebaikan bersama,” tutup Zainuddin. (Red)

Share :

Baca Juga

Akibat curah hujan yang deras mengakibatkan banjir di Satuan Pemukiman Bukit Raya, Transmigrasi Lalubi, Gane Timur

Kabar

Akibat Banjir, Warga Trans Alami Kerugian
Terlihat tumpukan sampah hingga ke bahu jalan di samping kantor Lurah Soa-sio, Ternate (Olis)

Kabar

Pemuda Pancasila Ternate Desak Pemkot Ternate Seriusi Tumpukan Sampah di Bahu Jalan
Ketua dan Anggota KPU Kota Tidore Kepulauan

Kabar

Soal Pakta Integritas dan Tahapan Kampanye Paslon, ini Penjelasan KPU
Wakil Wali Kota Tidore Kepualauan Muhammad Sinen, SE saat memberikan sambutan pada Pembukaan Rapat Kerja Daerah Tahun 2020 di Aula Sultan Nuku

Kabar

Pemkot Tidore Gelar Rakerda Pelayanan Publik dan Birokrasi
Peresmian Media Center KPU Kota Tidore Kepulauan, ditandai dengan Pengguntingan Pita oleh Ketua KPU Provinsi Maluku Utara, Pudja Sutamat, S.Sos., M.Si.

Kabar

Abdullah Dahlan: Media Center Akan Menjaga Keseimbangan Pilkada 2020

Kabar

Pasca 10 Juni 2020, Akses Masuk dan Keluar Tidore Kembali Normal

Kabar

Mendekati Hari “H” Ditutupnya Akses Dari dan Ke Tidore, Aturan Semakin Berubah-ubah
Petugas saat melakukan operasi patuh

Kabar

Hari Pertama Operasi Patuh, 15 Pengendara Terjaring Razia