Home / Kabar

Kamis, 30 Juli 2020 - 10:44 WIB

Banjir Genangi Rumah Warga di Desa Lemba Asri Weda Selatan

Banjir yang masuk kedalam rumah warga. (foto by. Dir)

Banjir yang masuk kedalam rumah warga. (foto by. Dir)

Marijang.id, Halteng – Hujan deras yang mengguyur Wilayah Halmahera Tengah (Halteng) khususnya di Kecamatan Weda Selatan mengakibatkan ketinggian air yang cukup tinggi, sehingga warga harus dievakuasi ketempat aman pada, Rabu (29/07).

Warga yang dievakuasi itu, berasal dari Desa Lemba Asri, Kecamatan Weda Selatan yang mengalami kebanjiran cukup parah.

Kapolres Halmahera Tengah, Ajun Komisaris Besar Polisi Nico Setiawan melalui Kapolsek Weda, Inspektur Polisi Satu I Komang Setiawan kepada awak media saat dikonfirmasi, mengatakan bahwa, malam ini (Rabu 29 juli 2020) pukul 20.30 WIT, bertempat di Desa Lemba Asri, Kecamatan Weda Selatan, telah melakukan evakuasi terhadap warga Lemba Asri yang mengalami kebanjiran dengan kondisi air mencapai kurang lebih 70 centimeter.

Lanjut Komang, tim yang melakukan evakuasi warga masyarakat terdampak banjir, terdiri dari Satgas Koramil persiapan Kecamatan Weda Selatan, Personil Polres Halteng dan Polsek Weda serta Badan Penanggulangan Bencana Daera (BPBD) Halteng.

Baca juga  PT. MHI Gelar Buka Puasa Bersama Insan Pers Haltim

Menurut Kapolsek Komang Setiawan bahwa dari jumlah Kepala Keluarga (KK) di Desa Lemba Asri Sebanyak 124 KK, dan 15 KK sudah dievakuasi ke tempat pengungsian yaitu di bangunan Kantor Koramil Persiapan Kecamatan Weda Selatan.

“Kemudian 1 KK yang terdiri dari 8 jiwa suda lebih duluh mengungsi secara mandiri ke bukit belakang Desa Lemba Asri dan dari pihak desa telah mengirimkan tenda dan beberapa perlengkapan lainnya,” jelasnya.

Banjir di Lemba Asri, Wairoro, Weda Selatan

Warga Lemba Asri mengunsi. (Foto by. Dir)

Dijelaskan pula, sementara 108 KK lainya sudah di jemput untuk dievakuasi ke tempat pengungsian, namun mereka masih bersih keras untuk bertahan di rumahnya masing-masing dengan alasan sudah terbiasa menghadapi banjir dan berharap agar banjir secepatnya surut.

Baca juga  Dalili; Kami Optimis Hj. Nurokhmah dan Fachri K Sangadji Jadi Pemenang Pilkada Taliabu

I Komang juga menambahkan Kapolres Halteng Nico A Setiawan yang didampinginya bersama Danramil Weda, Kapten Inf. Andi Purwanto langsung bertatap muka dengan warga yang telah mengungsi di tempat pengungsian.

Dijelaskannya, dalam pertemuan tersebut Kapolres Halteng memberikan dukungan moril, sekaligus memberikan arahan kepada masyarakat untuk sementara waktu bertahan di tempat pengungsian sampai air benar-benar surut.

I Komang juga menyampaika, Kapolres Halteng Nico A Setiawan juga memberikan bantuan dari BPBD Halteng, yaitu berupa selimut, tikar dan masker kepada warga.

Slain Desa Lemba Asri yang mengalami kebanjiran, tambah Kapolsek, Desa Sumber Sari juga mengalami kebanjiran dan warganya sudah mengungsi secara mandiri ke rumah warga lain yang belum terendam banjir karena terletak di daerah ketinggian.

“Kemudian terkait dengan kerusakan materil akibat dampak banjir tersebut sampai saat ini belum ada laporan lebih lanjut,” tutupnya. (Dir-12)

Share :

Baca Juga

Kabar

Demo PLN Maffa, Masyarakat Minta Datangkan Teknisi Ahli Untuk Perbaikan Mesin
Ketua Pemuda Bobo, Aidar Salasa

Kabar

Diduga Lakukan Penghinaan, Pemuda Bobo Rencanakan Laporkan Akun FB Ini
Bambang Joisangadji, S.H (Kuasa Hukum/Advokat Warga Gane)

Kabar

BPBD Halsel di Somasi Terkait Realisasi Bantuan Gempa Gane
Foto bersama Gubernur dengan OKP Cipayung usai Buka Puasa Bersama

Kabar

OKP Cipayung di Malut Buka Puasa Bersama Gubernur
Salah seorang warga saat menerima BLT DD

Kabar

Pemdes Hatetabako Laksanakan Penyaluran BLT Dana Desa Tahap Satu Tahun 2021

Kabar

Pendapatan Terganggu, Fraksi Nasdem Ajak Pemkot Carikan Solusi

Kabar

MPC PP Kota Ternate Dorong Pemkot Benahi Fasilitas Penunjang Makam Sultan Baabullah

Kabar

Sebanyak 833 Orang KPM di Oba Utara Dapat Bantuan