Home / Kabar

Selasa, 7 Juli 2020 - 21:13 WIB

Bertemu Warga, Bupati Haltim Tindaklanjuti Tuntutan

Bupati Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Ir. Muhdin H. Ma'bud saat bertemu masyarakat Kecamatan Wasile Selatan yang melakukan demonstrasi di Desa Nusajaya, Selasa (7/7)

Bupati Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Ir. Muhdin H. Ma'bud saat bertemu masyarakat Kecamatan Wasile Selatan yang melakukan demonstrasi di Desa Nusajaya, Selasa (7/7)

Marijang.id, Halmahera Timur — Bupati Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Ir. Muhdin H. Ma’bud bertemu masyarakat Kecamatan Wasile Selatan yang melakukan demonstrasi di Desa Nusajaya, Selasa (7/7) terkait tuntutan Warga agar Bupati mencopot Camat Wasile Selatan.

Lewat kesempatan ini, Bupati Muhdin H. Ma’bud meminta Camat Wasile Selatan mengajukan mengundurkan diri, sebab Camat Wasile Selatan telah melangkahi kewenangannya, bahkan kewenangan Bupati.

Bupati Muhdin H. Ma’bud saat bersama warga

“Seandainya bukan larangan dari Bawaslu, besok itu sudah keluar SK (Surat Keputusan, red) pemberhentianĀ  Camat,” tegas Muhdin.

Lanjut Muhdin, Terlalu jauh langkah yang dilakukan camat ini, saya sebagai Bupati saja tidak berani untuk terlalu cepat mengambil keputusan jika menyangkut masalah hak tanah.

Baca juga  Pasca Banjir Gane, Pemda Halmahera Selatan Tutup Mata

“Negeri ini adalah negeri adat, sebelum kita bicara hukum positif lebih dulunya kita bicara hukum adat” tutur Bupati, dan diikuti teriakan dari massa aksi yang hadir pada saat itu.

Muhdin bilang, selama ini terkait urusan tambang di Haltim, yang selalu kita lakukan adalah dengan dialog antara Tokoh Masyarakat, Kepala Desa dan Pihak Perusahaan Tambang tersebut, baru diputuskan kesepakatan bersama.

Dalam kesempatan itu, Muhdin juga langsung mengundang secara lisan kepada Pemerintah Desa, tokoh masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama, DPRD, Polres, Kejaksaan Tinggi Haltim, untuk hearing bersama PT IWIP secara terbuka di Aula Kantor Bupati Haltim pada Kamis (9/7) pukul 10.00 WIT nanti untuk membahas pesoalan pertambangan PT IWIP.

Baca juga  Komunitas Pemilih Abdu-Asiz (KOMPAS) Ajak Generasi Milenial Jeli Melihat Pilkada Hal-Tim

Senada dengan Bupati, Idrus Maneke yang hadir mewakili DPRD Haltim juga mendesak Camat Wasile Selatan segera untuk mengundurkan diri.

“Sebagai wakil rakyat, DPRD Haltim meminta Camat Wasile Selatan legowo mengundurkan diri karena langkah-langkah yang dia lakukan sudah menyalahi kewenangan dia sebagai seorang camat,” tandasnya. (Jul-12)

Share :

Baca Juga

Foto bersama sebelum melakukan Karya Bakti semester I Ta 2020

Kabar

Kodim 1505/Tidore bersama Polres dan Instansi Terkait Lakukan Karya Bakti di Pasar Sarimalaha
CPNS Tidore

Kabar

Rabu Besok, 104 CPNS Tidore Siap Bertarung dalam SKB
https://id.pinterest.com/pin/ (Latifah Tyas)

Kabar

Mulai 1 Agustus, Bendera Merah Putih Dikibarkan Secara Serentak
Puskesmas Lelei yang di palang oleh warga, terdapat pula spanduk penolakan terhadap Kepala Puskesmas yang Baru

Kabar

Buntut Pemberhentian Kapus Lelei, Warga Palang Puskesmas
Foto bersama Founder Syukurdofu Indonesia, Kepala Pemasaran Bank Maluku-Malut Cabang Soasio Tidore, Kabid Perindagkop Tidore dan peserta yang lolos tahap final

Kabar

Bank Maluku-Malut Cabang Soasio Berikan Akses Modal hingga 50 Juta Pada 20 Semifinalis UMKM Festival 2021 Syukurdofu Indonesia
Walikota H. Ali Ibrahim memberikan santunan kepada Anak yatim Piatu

Kabar

Walikota Ali Ibrahim Berikan Santunan Pada 180 Anak Yatim Piatu di Tidore
Tim Gabungan Bergerak Atasi Longsor dan Pohon Tumbang yang Menutupi Ruas Jalan Transmigrasi

Kabar

Upaya Atasi Longsor di Ruas Jalan Transmigrasi Masih Terkendala

Kabar

Ternyata Penutupan Akses Dari dan Ke Tidore Tidak Untuk Pelabuhan ini