Home / Kabar

Senin, 6 Juli 2020 - 21:09 WIB

Diduga Serahkan Lahan 120 Hektar, Massa Aksi Tuntut Bupati Haltim Copot Camat Wasile Selatan

Aliansi Masyarakat Bersatu Lingkar Tambang Lakukan Aksi pada Senin (6/7) siang di Kantor Camat Wasile Selatan

Aliansi Masyarakat Bersatu Lingkar Tambang Lakukan Aksi pada Senin (6/7) siang di Kantor Camat Wasile Selatan

Marijang.id, Halmahera Timur — Massa aksi yang tergabung dalam Front Persatuan Masyarakat Lingkar Tambang Kecamatan Wasile Selatan melakukan demonstrasi, Senin (6/7) siang di Kantor Camat Wasile Selatan.

Dalam demonstrasi itu massa aksi menuntut Bupati Haltim untuk mencopot jabatan Camat Wasile Selatan.

Kepada Marijang.id, Korlap aksi Ruslan Hi. Idris menegaskan bahwa apapun konsekuensinya camat Wasile Selatan harus dicopot dari jabatannya.
Hal tersebut dilakukan lantaran masyarakat mendengar keterangan PT. IWIP di saat hering ketika aksi pada kamis 2 juli 2020 di besken PT IWIP (Tanjung Ilie) Kabupaten Halmahera Tengah, bahwa Camat Wasile Selatan, Man Usman, telah melakukan kesepakatan menyerahkan tanah 120 hektar milik masyarakat Haltim kepada Kecamatan Weda Tengah Kabupaten Halmahera Tengah.

Front Persatuan Masyarakat Lingkar Tambang Kecamatan Wasile Selatan saat melakukan demonstrasi di Kantor Camat Wasile Selatan

“Tanah di Kao Rahai masuk wilayah Kabupaten Haltim. Tanpa ada koordinasi dengan Pemdes dan masyarakat, camat melakukan pertemuan di Ternate yang menghasilkan salah satu keputusan sepihak. Jadi kami menduga Camat Wasile Selatan telah menyerahkan lahan 120 Hektar kepada masyarakat Halteng, Kata William Ambeua, salah seorang orator dalam demonstrasi tersebut.

Baca juga  dr. Taufan Siapkan Platform Masa Depan HMI

Akibat kekecewaan masyarakat itu, lanjut Wiliam, massa aksi menuntut Bupati Haltim agar segera mencopot Camat Wasile Selatan dari jabatannya.

Selain itu, massa aksi juga meminta pihak kepolisian dan instansi berwenang untuk mengusut kasus kesepakatan penyerahan tanah Kabupaten Halmahera Timur tanpa ada koordinasi tersebut.

Massa aksi juga menuntut Bupati dan DPRD Haltim turun langsung dan hadir di Kecamatan Wasile Selatan untuk bertemu rakyat.

Massa aksi memboikot dan melakukan pemalangan kantor Camat Wasile Selatan

Dalam menunjukkan keseriusannya masa aksi melakukan pemalangan kantor Camat Wasile Selatan dan membuat tenda di depan kantor camat dan di badan jalan lintas Halmahera sampai poin poin tuntutan yang mereka sampaikan dapat direalisasi oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Timur.

Baca juga  Pelepasan TMMD ke-108 di Desa Bebsili Berakhir Dengan Air Mata

Untuk diketahui berikut poin poin tuntutan yang diterima Marijang.id di lapangan;
1. Mendesak kepada Ketua dan Anggota DPRD Komisi III Kabupaten Halmahera Timur, agar memfasilitasi dan mediasi masyarakat untuk mendesak kepada pihak PT. WBN dan PT. IWIP soal berita acara kesepakatan dan realisasi pembayaran tali asi dengan luas 120 Hektar.
2. Meminta Kepada Dinas Lingkungan Hidup Halmahera Timur agar membuka dokumen IPPKH PT. WBN dan PT. IWIP yang masuk di wilayah operasi Halmahera Timur.
3. Apabila Camat Wasile Selatan terbukti menyalahgunakan kewenangan atas kesepakatan lahan seluas 120 Hektar yang masuk di wilayah Halmahera Timur, maka wajib hukumnya Camat Wasile Selatan segera diganti oleh Bapak Bupati Kabulaten Halmahera Timur.
4. Apabila tuntutan poin 1-3 tidak direspon oleh Pemerintah Daerah dan DPRD Kabulaten Halmahera Timur, maka kami Masyarakat Lingkar Tambang Kecamatan Wasile Selatan akan terus memboikot Kantor Kecamatan Wasile Selatan dan Jalan Lintas Halmahera Timur. (Jul-12)

Share :

Baca Juga

SMP Negeri 1 Tidore Kepulauan

Kabar

KBM SMP Negeri 1 Tidore Gunakan Daring dan Luring
Suasana Apel Bersama Pemuda yang dipimpin langsung oleh Pjs Walikota Tidore Kepulauan Ansar Daaly dan Komandan Apel Mustafa Adam dari Organisasi Kepemudaan GP Anshor

Kabar

Memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke 92 Tahun, Pemkot Tidore Menggelar Apel Bersama Pemuda

Kabar

Perwali Tidore Disoal, Rencana Uji Materi di MA

Akademika

Staf Khusus Presiden: Pendidikan di Indonesia Timur Ada di Tangan Pemuda
Pasangan Bagus bersama Tim disambut dengan Tarian (istimewa)

Kabar

Rencana BAGUS Membangun Tidore dengan Humanis

Kabar

Pemkot Bersama FKPD Matangkan Persiapan Tutup Jalur Akses ke Tidore
Salah satu rumah yang telah selesai dibangun di kelurahan Loto

Kabar

364 Unit Rumah Layak Huni dibangun di Ternate melalui BSPS
Penyerahan Cenderamata dari Deputi Perlindungan Anak Nahar kepada Walikota Tidore Kepulauan

Kabar

Maitara Resmi Dicanangkan sebagai Pulau Bebas Pornografi Anak