Home / Kabar

Kamis, 2 Juli 2020 - 19:16 WIB

Ini Tuntutan Aliansi Masyarakat Bersatu Lingkar Tambang pada PT WBN dan PT IWIP

Masa Aksi yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Bersatu Lingkar Tambang

Masa Aksi yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Bersatu Lingkar Tambang

Marijang.id, Halteng – Aliansi Masyarakat Bersatu Lingkar Tambang melakukan aksi atas investasi pertambangan PT Weda Bay Nickel (WBN) dan PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) yang beroperasi di Kecamatan Wasilei Selatan, Kabupaten Halmahera Timur, pada Kamis (02/07).

Menurut Kordinator Aliansi Masyarakat Bersatu Lingkar Tambang, Ruslan Hi Idris mengatakan bahwa, PT Weda Bay Nikel (WBN) dan PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) seharusnya mendatangkan manfaat bagi kesejahteraan Wasile Selatan secara berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Masa Aksi Melakukan Demo dan Protes kepada PT WBN & PT IWIP

“Sebagaimana yang diamanatkan dalam filosofi bangsa serta dasar negara Indonesia yaitu pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 pasal 33,” kata Ruslan.

Dikatakan juga, terutama bagi masyarakat dua wilayah, yakni di Kabupaten Halmahera Tengah dan Kabupaten Halmahera Timur, dan khususnya masyarakat Kecamatan Wasilei Selatan yang disebut masyarakat lingkar tambang.

“Karena PT Weda Bay Nikel (WBN) dan PT Indonesia Weda Bay Industrial Park merupakan perusahan yang notabennya beroprasi di Wilayah Halteng dan Haltim,” tandasnya.

Baca juga  Bismillah, LWP NU Tangsel Luncurkan Program Unggulan

Lebih lanjut, Ruslan juga mengatakan, tambang dalam hal ini PT Weda Bay Nikel (WBN) dan PT Indonesia Weda Bay Industrial Park tidak bisa semata-mata hanya mencari keuntungan dan mengabaikan hak-hak dan kepentingan masyarakat sekitar tambang, terutama Masyarakat Wasilei Selatan.

Dijelaskan pula, selain itu dalam sistem menajemen pengelolaan eksternal PT Weda Bay Nikel (WBN) dan PT IWIP yang dilakukan secara tidak professional, tidak bijaksana, tidak berkeadilan dan tidak transparan serta tidak menghormati kaidah-kaidah sosial masyarakat sekitar tambang, khususnya Wasilei Selatan.

“Sehingga terjadi gejolak sosial di tengah-tengah masyarakat Kecamatan Wasilei Selatan yang berujung pada aksi protes masyarakat Kecamatan Wasilei Selatan terhadap PT WBN dan PT IWIP,” pungkasnya.

Untuk itu, tambahnya, berdasarkan pokok permasalahan yang diatas maka Masyarakat Wasilei Selatan atau Masyarakat Lingkar Tambang menyatakan sikap, kepada pihak PT WBN dan PT IWIP. Diantaranya;

1). Manajemen PT WBN dan PT IWIP dalam proses pertambangan agar memperhatikan kaidah-kaidah sosial dan lingkungan sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan.

Baca juga  Ditutup, Penguatan Struktur Partai Jadi Penekanan Rakornassus NasDem

2). Mendesak manajemen PT WBN dan PT IWIP agar transparansi dalam realisasi pembayaran kaplingan Masyarakat di area Kao Rahai.

3). Mendesak kepada pihak PT WBN dan PT IWIP agar segrah melakukan realisasi pembayaran kaplingan masyarakat 4 desa yang Ada di area Kao Rahai.

4). PT WBN dan PT IWIP dalam hal ini berhubungan dengan kepentingan masyarakat agar langsung berkordinasi dengan pemerintah Desa.

5). Mendesak PT WBN dan PT IWIP segrah mengaktifkan kembali kantor perwakilan WBN/IWIP di Kecamatan Wasilei Selatan

6). Mendesak pada pihak PT WBN dan PT IWIP segrah mengfungsikan tanggung jawab sosial (CSR) di kecanatan Wasilei Selatan.

7). Mendesak PT WBN dan PT IWIP agar segera menyediakan fasilitas/asrama mahasiswa Kecamatan Wasilei Selatan yang terpusat di Kota Ternate.

“Jika tuntutan kami tidak diakomudir oleh PT WBN dan PT IWIP maka kami masyarakat Wasilei Selatan akan melakukan aksi besar-besaran kepada PT WBN dan PT IWIP dan akan memboikot aktivitas perusahan,” tutup Ruslan dalam orasinya. (Dir-12)

Share :

Baca Juga

Banjir di Lemba Asri, Wairoro, Weda Selatan

Kabar

Banjir Genangi Rumah Warga di Desa Lemba Asri Weda Selatan
A. Malik Ibrahim (istimewa)

Kabar

Begini Tanggapan A. Malik Ibrahim terhadap Ranwal RPJMD Kota Ternate
Foto bersama Wakil Walikota Tidore pada kegiatan Pelayanan Sejuta Akseptor KB secara gratis

Kabar

Hari Keluarga Nasional Ke-27, Pemkot Tidore Selenggarakan Pelayanan Gratis Sejuta Akseptor KB
Foto bersama usai FGD

Kabar

LP3MU Gelar FGD Kesenjangan Pendidikan Maluku Utara
Pasangan Basri Salama dan Ustad Muhammad Guntur Alting (BAGUS) bersama keluarga dan seluruh pendukung saat kampanye di Komplek Bundaran Sofifi

Kabar

Jemput ‘Kemenangan’, BAGUS Tutup Masa Kampanye di Sofifi  

Kabar

Kodim 1505/Tidore Berbagai Bersama Warga

Kabar

12 Warga Positif Corona, Ini Langkah yang Dilakukan Pemkot dan Tim Covid-19 Tidore
CPNS Tidore

Kabar

Rabu Besok, 104 CPNS Tidore Siap Bertarung dalam SKB