Home / Kabar

Rabu, 22 Juli 2020 - 12:00 WIB

Sore ini, Pasien Terkonfirmasi Positif Corona di Tidore yang ada di Tempat Karantina Dipulangkan

Saiful Salim

Saiful Salim

Marijang.id, Tidore – Puluhan pasien positif di Kota Tidore Kepulauan yang saat ini menjalani karantina di tiga tempat, diantaranya LPMP Rum, Geous House dan SKB semuanya direncanakan untuk dipulangkan pada Rabu, (22/07) sore ini.

Hal itu dilakukan karena pasien sebanyak 40 orang lebih itu sudah melewati masa isolasi mandiri selama 10 hari plus 3 hari sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan nomor 413 tahun 2020, bahwa pasien yang terkonfirmasi positif kemudian tanpa gejala atau tanpa keluhan itu, diisolasi mandiri selama 10 hari plus penambahan 3 hari untuk pemantauan dokter, setelah itu dinyatakan sembuh atau tanpa keluhan.

“Nah, karena berhubung tong (kami-red) pe pasien yang terkonfirmasi positif ini kan rata-rata su lama, lebih dari 10 hari, ada yang satu bulan bahkan ada yang lebih. Sehingga keluarnya KMK 413 ini berarti otomatis torang pe pasien ini sudah melewati masa isolasi mandiri. 10 hari plus tiga hari, ditambah juga dengan arahan ketua Gugus Tugas Bapak Ali Ibrahim untuk penambahan tiga hari istirahat di rumah. Sehingga dengan demikian bahwa dorang sudah bisa dinyatakan sembuh,” kata Jubir Covid-19 Tidore, Saiful Salim saat dikonfirmasi Marijang.id, Rabu (22/07) pagi.

Baca juga  Bantuan Rp 600 Ribu Dinilai Tak Sepadan, FPM Mafututu-Jiko Cobo Gelar Aksi

Dikatakan pula, hal itu juga, sesuai dengan meeting zoom hari ini bersama Dinas Kesehatan Provinsi, untuk tindaklanjuti pertemuan meeting zoom kemarin dengan Kemenkes, sehingga nantinya di putuskan pemulangan pasien karantina.

“Rencananya kita pulangkan sore ini dengan beberapa persyaratan atau kriteria untuk dinyatakan sembuh, diantaranya tanpa gejala atau keluhan selama sepuluh hari dan plus tiga hari itu kemudian dipantau oleh dokter Fasyankes setempat, dokter puskemas, bagi yang isolasi mandiri di rumah saat ini,” jelas Kepala Bidang P2P Kota Tidore Kepulauan ini, sembari menambahkan tidak dilakukan lagi pengambilan swab kepada mereka.

Baca juga  Bersama Waketum DPP KNPI, PP Maluku Utara Bagikan Masker dan Hand Sanitizer Gratis

Dijelaskan juga, alasan pasien tanpa gejala, tanpa keluhan yang sudah terkonfirmasi positif selama 10 hari plus tiga hari tersebut, bisa di pulangkan atau dinyatakan sembuh, karena menurut WHO dan dari Kemnkes bahwa resiko penularan sudah berkurang atau tidak ada. “Atau virus sudah mulai melemah,” ujar Saiful. (Dym-12)

Share :

Baca Juga

Foto bersama Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim bersama Kementerian PUPR

Kabar

Jadi Prioritas Utama, Jembatan Temadore Rencana Dibangun pada Awal Tahun 2022

Kabar

Dinilai Tanpa Sosialisasi, Motoris dan Pedagang serta Perwakilan FPM Mafututu-Jiko Cobo Protes Soal Penutupan
Ardiansyah Fauzi, Juru Bicara Aman Jilid II

Kabar

Ardiansyah Fauzi : Hasil Quick Count, AMAN ungguli BAGUS dan SALAMAT

Kabar

Jalan-jalan Virtual ke Amerika ala Rumah Produktif Indonesia

Kabar

Pemkot Tidore Bersama BAZNAS Salurkan ZIS kepada 230 Orang Mustahik

Kabar

Gugus Tugas Covid-19 Lakukan Tracking Kontak, Belasan Tenaga Kesehatan di RSD Tidore Jalani Karantina
Kegiatan Penyuluhan Kesehatan TMMD ke-108 Kodim 1505/Tidore

Kabar

Peduli Kesehatan, Satgas TMMD Kodim 1505 Terus Gandeng Tim Kesehatan Lakukan Penyuluhan
Suasana deklarasi gerakan literasi di Desa Tutumaloleo, Kecamatan Galela Utara, Halmahera Utara.

Akademika

Lewat Deklarasi Literasi Tutumaloleo, FTBM-HALUT Dorong Gerakan Literasi di Halmahera Utara