Home / Kabar

Rabu, 22 Juli 2020 - 12:00 WIB

Sore ini, Pasien Terkonfirmasi Positif Corona di Tidore yang ada di Tempat Karantina Dipulangkan

Saiful Salim

Saiful Salim

Marijang.id, Tidore – Puluhan pasien positif di Kota Tidore Kepulauan yang saat ini menjalani karantina di tiga tempat, diantaranya LPMP Rum, Geous House dan SKB semuanya direncanakan untuk dipulangkan pada Rabu, (22/07) sore ini.

Hal itu dilakukan karena pasien sebanyak 40 orang lebih itu sudah melewati masa isolasi mandiri selama 10 hari plus 3 hari sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan nomor 413 tahun 2020, bahwa pasien yang terkonfirmasi positif kemudian tanpa gejala atau tanpa keluhan itu, diisolasi mandiri selama 10 hari plus penambahan 3 hari untuk pemantauan dokter, setelah itu dinyatakan sembuh atau tanpa keluhan.

“Nah, karena berhubung tong (kami-red) pe pasien yang terkonfirmasi positif ini kan rata-rata su lama, lebih dari 10 hari, ada yang satu bulan bahkan ada yang lebih. Sehingga keluarnya KMK 413 ini berarti otomatis torang pe pasien ini sudah melewati masa isolasi mandiri. 10 hari plus tiga hari, ditambah juga dengan arahan ketua Gugus Tugas Bapak Ali Ibrahim untuk penambahan tiga hari istirahat di rumah. Sehingga dengan demikian bahwa dorang sudah bisa dinyatakan sembuh,” kata Jubir Covid-19 Tidore, Saiful Salim saat dikonfirmasi Marijang.id, Rabu (22/07) pagi.

Baca juga  KPU Tidore Ikuti Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di Kantor KPU Halsel

Dikatakan pula, hal itu juga, sesuai dengan meeting zoom hari ini bersama Dinas Kesehatan Provinsi, untuk tindaklanjuti pertemuan meeting zoom kemarin dengan Kemenkes, sehingga nantinya di putuskan pemulangan pasien karantina.

“Rencananya kita pulangkan sore ini dengan beberapa persyaratan atau kriteria untuk dinyatakan sembuh, diantaranya tanpa gejala atau keluhan selama sepuluh hari dan plus tiga hari itu kemudian dipantau oleh dokter Fasyankes setempat, dokter puskemas, bagi yang isolasi mandiri di rumah saat ini,” jelas Kepala Bidang P2P Kota Tidore Kepulauan ini, sembari menambahkan tidak dilakukan lagi pengambilan swab kepada mereka.

Baca juga  Kakesdam XVI/Pattimura Kunjungi Denkes 16-04-01 Ternate¬†

Dijelaskan juga, alasan pasien tanpa gejala, tanpa keluhan yang sudah terkonfirmasi positif selama 10 hari plus tiga hari tersebut, bisa di pulangkan atau dinyatakan sembuh, karena menurut WHO dan dari Kemnkes bahwa resiko penularan sudah berkurang atau tidak ada. “Atau virus sudah mulai melemah,” ujar Saiful. (Dym-12)

Share :

Baca Juga

Kabar

Hari Pertama Penutupan Akses Masuk, Pemkot Langsung Salurkan Bantuan Secara Besar-besaran

Kabar

2.500 APD untuk Penanganan Covid-19 di Malut Kembali Disalurkan TNI
Mayjen (Purn) TNI Sumiharjo Pakpahan bersama Basri Salama dan Pengurus Partai Hanura Kota Tidore Kepulauan

Kabar

Kunjungan DPP HANURA Memantapkan Kemenangan Bagus
Persiapan Rapid Test

Kabar

Bawaslu Tidore Lakukan Rapid Test Pada Jajaran Panwascam, Begini Hasilnya

Kabar

Pemkot Tidore Bersama BAZNAS Salurkan ZIS kepada 230 Orang Mustahik
Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Halmahera Tengah kebanjiran

Akademika

Genangan Air Kepung MAN 1 Halteng, Butuh Perhatian Serius Pemerintah 
Pasangan Basri Salama dan Ustad Guntur Alting (istimewa)

Kabar

Sembilan Konsep Pariwisata dan Kebudayaan Pasangan BAGUS
Pj. Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Miftah Bay saat membacakan Sambutan Wali Kota

Kabar

Pemkot Tidore Gelar Rakor Penegakkan Hukum, Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 dalam Suksesi Pilkada Serentak