Home / Kabar

Rabu, 22 Juli 2020 - 12:00 WIB

Sore ini, Pasien Terkonfirmasi Positif Corona di Tidore yang ada di Tempat Karantina Dipulangkan

Saiful Salim

Saiful Salim

Marijang.id, Tidore – Puluhan pasien positif di Kota Tidore Kepulauan yang saat ini menjalani karantina di tiga tempat, diantaranya LPMP Rum, Geous House dan SKB semuanya direncanakan untuk dipulangkan pada Rabu, (22/07) sore ini.

Hal itu dilakukan karena pasien sebanyak 40 orang lebih itu sudah melewati masa isolasi mandiri selama 10 hari plus 3 hari sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan nomor 413 tahun 2020, bahwa pasien yang terkonfirmasi positif kemudian tanpa gejala atau tanpa keluhan itu, diisolasi mandiri selama 10 hari plus penambahan 3 hari untuk pemantauan dokter, setelah itu dinyatakan sembuh atau tanpa keluhan.

“Nah, karena berhubung tong (kami-red) pe pasien yang terkonfirmasi positif ini kan rata-rata su lama, lebih dari 10 hari, ada yang satu bulan bahkan ada yang lebih. Sehingga keluarnya KMK 413 ini berarti otomatis torang pe pasien ini sudah melewati masa isolasi mandiri. 10 hari plus tiga hari, ditambah juga dengan arahan ketua Gugus Tugas Bapak Ali Ibrahim untuk penambahan tiga hari istirahat di rumah. Sehingga dengan demikian bahwa dorang sudah bisa dinyatakan sembuh,” kata Jubir Covid-19 Tidore, Saiful Salim saat dikonfirmasi Marijang.id, Rabu (22/07) pagi.

Baca juga  Gotong Royong Lawan Corona, DPC PDI Perjuangan Tidore Bagi Sembako ke Warga

Dikatakan pula, hal itu juga, sesuai dengan meeting zoom hari ini bersama Dinas Kesehatan Provinsi, untuk tindaklanjuti pertemuan meeting zoom kemarin dengan Kemenkes, sehingga nantinya di putuskan pemulangan pasien karantina.

“Rencananya kita pulangkan sore ini dengan beberapa persyaratan atau kriteria untuk dinyatakan sembuh, diantaranya tanpa gejala atau keluhan selama sepuluh hari dan plus tiga hari itu kemudian dipantau oleh dokter Fasyankes setempat, dokter puskemas, bagi yang isolasi mandiri di rumah saat ini,” jelas Kepala Bidang P2P Kota Tidore Kepulauan ini, sembari menambahkan tidak dilakukan lagi pengambilan swab kepada mereka.

Baca juga  Pemimpin dan Nalar Ekologis

Dijelaskan juga, alasan pasien tanpa gejala, tanpa keluhan yang sudah terkonfirmasi positif selama 10 hari plus tiga hari tersebut, bisa di pulangkan atau dinyatakan sembuh, karena menurut WHO dan dari Kemnkes bahwa resiko penularan sudah berkurang atau tidak ada. “Atau virus sudah mulai melemah,” ujar Saiful. (Dym-12)

Share :

Baca Juga

Kabar

Begini Cara Lurah dan Tim Satgas Covid-19 Gurabunga Cegah Penyebaran Virus
Alex Gamalama saat menyampaikan orasi pada Kampanye BAGUS di Kelurahan Seli pada Minggu (22/11) malam

Kabar

Seruan Dukungan Alex Gamalama untuk BAGUS “Menggelegar” di Seli
Abdullah Dahlan, S.E., Ketua KPU Kota Tidore Kepulauan

Kabar

Terkait Pemungutan Suara Besok, ini kata Ketua KPU Tidore

Kabar

Begini Hasil Kajian Tim Gugus Covid-19 Tidore Terhadap Pasien 100 Positif Corona yang Meninggal

Kabar

Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, Tidore Kembali Berduka, Istri Wali Kota Meninggal Dunia
Logo Marijang.id

Kabar

Mengenal Lebih Dekat Kru Marijang.id

Kabar

Panwascam Tidore Timur Menyesalkan Tuduhan Calon Wakil Wali Kota AMAN Jilid II
Calon Bupati Fakfak Periode 2020-2025, Samaun Dahlan

Kabar

Kunjungi Distrik Teluk, Paslon SADAR Kukuhkan Tim Kordis Teluk Patipi dan Korkam