Home / Kabar

Rabu, 9 September 2020 - 16:47 WIB

364 Unit Rumah Layak Huni dibangun di Ternate melalui BSPS

Salah satu rumah yang telah selesai dibangun di kelurahan Loto

Salah satu rumah yang telah selesai dibangun di kelurahan Loto

Marijang.id, Ternate — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengurangi jumlah rumah tidak layak huni di Indonesia, salah satunya dilakukan melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Melalui BSPS, Kementrian PUPR Mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020 untuk membangun rumah layak huni bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)

Bantuan rumah layak huni diterima oleh masyarakat melalui Balai Perumahan ke Satuan Non Vertikal Tertentu (SNVT) Provinsi Maluku Utara.

Dalam pelaksanaannya, dilakukan oleh tim Teknis Kab/Kota, Koordinator Fasilitator dan Para Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) yang ditugaskan untuk melakukan pendampingan langsung ke masyarakat.

Dikutip dari Penamalut.com, Koordinator Fasilitator (Korfas) BSPS Kota Ternate, Sofyan Abidin menjelaskan, bahwa khusus di Kota Ternate kuota bantuan rumah untuk warga diberikan sebanyak 364 unit yang tersebar di 5 kecamatan dan 20 kelurahan.

“20 kelurahan tersebut terdiri dari kelurahan Kampung Pisang berjumlah 4 unit rumah, Maliaro 10 unit, Moya 25 unit, Sangaji Utara 9 unit, Tarau 23 unit, Tabam 11 unit, Kulaba 21 unit, Togafo 20 unit, Tobololo 28 unit, Loto 24 unit, Takome 17 unit, Sulamadaha 34 unit, Bula 9 unit, Dorpedu 12 unit, Afe Taduma 15 unit, Rua 14 unit, Foramadiahi 29 unit, Jambula 14 unit, Gambesi 32 unit dan kelurahan Ngade sebanyak 9 unit, jelas Sofyan Abidin.

Baca juga  Hari HANI, BNN Malut Lakukan Pemusnahan BB Narkotika

Sofyan menyampaikan, bahwa program ini diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), bukan untuk masyarakat tidak mampu. Maka, setiap warga penerima bantuan diwajibkan berswadaya. Dalam artian, bantuan akan diberikan apabila warga telah memiliki rumah untuk peningkatan kualitas layak huni serta telah memiliki sebagian bahan bangunan. Karena untuk membangun sebuah rumah menggunakan anggaran Rp 15 juta saja tidak cukup. Oleh karenanya, program bantuan dari pemerintah tersebut dinamakan BSPS.

Diane Hastuty Tiwar, TFL Kelurahan Togafo dan Loto saat berada di lokasi

Sementara, Diane Hastuty Tiwar, S.E, Tenaga Fasilitator Lapangan Kelurahan Togafo dan Loto, Kecamatan Ternate Barat, kepada Marijang.id menyampaikan bahwa untuk rumah di Kelurahan Togafo dengan Loto saat ini sudah dalam tahapan pengerjaan, dan beberapa unit sudah selesai dibangun.

Baca juga  Ini Hasil Rapid Test 70 Pedagang di Kecamatan Tidore Timur

“Di Togafo, dari total 20 unit rumah, per hari ini sudah 4 rumah yang telah selesai dikerjakan, sisanya 16 unit dalam tahap perampungan. Sedangkan, untuk Kelurahan Loto dari total 24 unit rumah, 7 unit rumah telah selesai dikerjakan, sehingga masih tersisa 17 unit rumah yang sedang dalam penyelesaian,” tutur Diane Hastuty.

Diane menyampaikan, bahwa masyarakat yang diberikan swadaya dalam hal pembangunan rumah layak huni di kelurahan Togafo dan Loto sangat terbantu dan begitu bahagia karena program Kementerian PUPR ini.

“Saya merasa terharu setiap turun melakukan pendampingan ke lapangan, masyarakat menemui saya dengan wajah yang penuh bahagia, beberapa seakan tidak percaya akan ada bantuan untuk pembangunan rumah layak huni. Ada yang mengeluh biaya bahan semakin mahal, sehingga butuh waktu yang lama untuk menabung, membeli bahan-bahan untuk membangun rumah, dll. Pokoknya banyak keluhan,” tutup Diane. (Red)

Share :

Baca Juga

Calon Wakil Wali Kota Ustad Guntur Alting (istimewa)

Kabar

Pesan Sang Ustad bagi Saudara Nasrani di “Daratan Oba” 

Kabar

Sebanyak 76 NPS Baru Serang Masyarakat Indonesia
Calon Rektor Unkhair, Dr. M. Ridha Ajam bersama Dekan FIB dan rombongan tim Pengajar FIB (istimewa)

Akademika

Terlihat Kompak Dengan Jas Almamater, FIB Daftarkan Ridha Ajam di Pemilihan Rektor Unkhair
Logo Marijang.id

Kabar

Mengenal Lebih Dekat Kru Marijang.id

Kabar

Walikota Tikep, Capt Ali Ibrahim Akhirnya Jalani Karantina Lanjutan di Tidore
Rapat bersama PGRI Halteng dengan Komisi I DPRD

Akademika

PGRI Halteng Rapat Bersama Komisi I DPRD
Suasana Dzikir Bersama Setelah Sholat Dhuha

Akademika

Ini Kegiatan Rutin MIS AL MUSTAQIM COBO Setiap Jumat
Sambutan direktur PusKaMIK, Dr. Jubair Situmorang., M.Ag dalam pembukaan kegiatan SERIOLOGI

Kabar

PusKaMIK IAIN Ternate Gelar Kegiatan SERIOLOGI