Home / Kabar

Rabu, 30 September 2020 - 10:32 WIB

Dalam Orasi Politiknya, Sang Ustad Menyampaikan Landasan Teologis Menentukan Pemimpin

Ustad Guntur Alting, Calon Wakil Wali Kota Tidore

Ustad Guntur Alting, Calon Wakil Wali Kota Tidore

Marijang.id, Tidore — Pasang Basri Salama S.Pd. dan Dr. M. Guntur Alting, S.Ag., M.Pd., M.Si dengan Partai Politik pengusul Nasdem, PAN dan Hanura pada Selasa (29/9) malam melakukan Kampanye Terbatas dan Tatap Muka bersama Masyarakat di Kelurahan Gamtufkange, Tidore.

Dalam orasinya, Ustad Guntur menyampaikan landasan Teologis dalam kepemimpinan islam.

“Bahwa malam ini, saya ingin menyampaikan landasan teologis tentang kepemimpinan dalam agama. Mengangkat pemimpin dalam Islam adalah sesuatu yang sangat mendasar. Jangan berfikir, ibadah itu hanya berkaitan dengan Sholat, Haji, Umrah. Bagaimana cara kita mengangkat seorang pemimpin juga bagian dari Ibadah. Karena dalam Islam itu, ada macam-macam Fiqih,” jelas Ustad Guntur, yang sebelumnya merupakan Dosen di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dirinya lantas menjelaskan, banyak Fiqih atau persoalan hukum yang mengatur berbagai aspek kehidupan manusia. Ada Fiqih Ibadah yang menerangkan tentang dasar-dasar hukum-hukum syar’i, khususnya dalam ibadah seperti shalat, zakat, shaum, hajji, kurban, aqiqah dan sebagainya.

Lanjutnya, ada Fiqih Muamalah yaitu aturan-aturan atau hukum Allah untuk mengatur manusia dalam kaitan dengan urusan duniawi dalam pergaulan sosial, misalnya hubungan manusia dengan manusia dalam kaitannya
dengan cara memperoleh dan mengembangkan harta
benda. Ada Fiqih Munakahat, yakni hukum yang mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan perkawinan.

Baca juga  Danrem 152/Baabullah Coffee Morning  Bersama Insan Pers Malut

“Dan yang paling penting juga adalah Fiqih Siyasah, yang membahas tentang seluk beluk Kepemimpinan, pengaturan kepentingan Ummat dan Negara berupa penetapan hukum, peraturan, dan kebijakan oleh pemegang kekuasaan yang bernafaskan atau sejalan dengan ajaran islam, guna mewujudkan kemaslahatan. Tak terlepas juga, tentang bagaimana menjatuhkan rezim yang dzalim terhadap rakyat. Itu sebabnya, keterlibatan kita menentukan pemimpin itu penting,” cecar Ustad Guntur.

Ustad Guntur lantas melanjutkan, setelah kita tahu bahwa mengangkat pemimpin itu penting, maka selanjutnya agama ini mengajarkan kepada kita tentang tata cara memilih seorang pemimpin. Dalam Islam, diajarkan 3 (tiga) hal, yakni gunakan Telingamu (pendengaran), untuk mendengar program-program baik, visi-misi yang disampaikan calon pemimpin itu. Gunakan Mata (penglihatan) untuk melihat perilaku dari calon pemimpin itu, dan gunakan Hati nurani untuk merasakan dan menanyakan dalam diri kita apakah calon pemimpin yang kita pilih sudah sesuai dengan nurani kita atau tidak. Dan itu semua kembali kepada diri kita masing-masing, melalui evaluasi kepemimpinan selama 5 tahun berjalan.

Baca juga  Banjir Gane, Jalan Lintas Halmahera Putus

“Saya ingin sampaikan, ketika kita hendak mencoblos pemimpin di bilik suara pada tanggal 9 Desember 2020, pada saat itu sebenarnya kita sedang bersaksi di hadapan Allah SWT. Bahwa calon pemimpin yang kita pilih itu benar-benar orang baik yang akan memimpin daerah ini ke depan,”

Dalam kampanye tersebut, Dirinya juga mengingatkan, bahwa kita semua harus menegakkan misi Profetik (kenabian). Rasullullah ketika di hari berpulangnya, meninggalkan pesan…. Ummatii, ummatii, ummatii. Ada 2 warisan Rasullullah SAW, Pertama, Al-Qur’an dan Hadist serta yang kedua berkaitan dengan amanah menjaga ummat, bagi seorang pemimpin.

“Jangan golput, memilih si A, B dan C adalah pilihan anda. Kita semua harus menyalurkan hak kita dengan memilih orang baik untuk membawa daerah ini lebih baik dan harmonis lagi ke depan, tentunya dengan meletakkan kepentingan masyarakat diatas kepentingan lainnya, tutup sang Ustad di akhir orasi politiknya. (Red)

Share :

Baca Juga

Kabar

HMI Cabang Ternate Kecam Otoritas Indonesia Terkait TKI dan TKA

Kabar

Kebijakan Kepala Rutan Tidore Terkait Uang Partisipan Tahanan, Disoal
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, saat memberikan orasi ilmiah di Universitas Khairun (Istimewa)

Akademika

Pada Rapat Terbuka Unkhair, Ketua DPD RI sebut Ekspedisi Magellan dan Sail Tidore Momentum Pembangunan Malut
Bacarita Marijang

Kabar

Ayo Ikuti Diskusi Daring Marijang.id Tentang Pilkada dan Media, Cek Informasi Lengkapnya
Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen meresmiakn TPQ yang Ditandai dengan Penguntingan Pita

Kabar

Wawali Tidore Resmikan TPQ Al-Buhairi dan Tugu Forum Keserasian Sosial
Ketua panitia Milad KAMMI Kota Ternate, Tanwin Fataha, S.Pd (istimewa)

Kabar

PD KAMMI Ternate Sambut Milad dengan Ragam Kegiatan
Bimtek Penggunaan Sirekap dalam Pilkada Serentak 2020

Kabar

KPU Rencana Gunakan Sirekap dalam Pilkada Tikep
Idris Sudin,S.P.,M.Si, Rektor Universitas Nuku bersama Kepala LLDIKTI Wilayah XII Maluku-Maluku Utara, DR. Muhammad Bugis, M.Si dan Para Senat UNNU

Kabar

UNNU Gelar Wisuda dan Dies Natalis ke 19, Idris Sudin: Pemeringkatan Universitas Kita Cukup Membanggakan