Home / Kabar / Uncategorized

Kamis, 24 September 2020 - 18:51 WIB

Soal Pakta Integritas dan Tahapan Kampanye Paslon, ini Penjelasan KPU

Ketua dan Anggota KPU Kota Tidore Kepulauan

Ketua dan Anggota KPU Kota Tidore Kepulauan

Marijang.id, Tidore — Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kota Tidore Kepulauan menggelar Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan Tahun 2020 di Aula Nuku, Kantor Wali Kota Tidore, Kamis (24/09).

Pengundian dan Penetapan Nomor Urut dilakukan mengikuti protokol kesehatan Covid-19 dengan pengawalan dari TNI/Polri.

Setelah Pleno penetapan, Ketua KPU Kota Tidore Kepulauan, Abdullah Dahlan, S.E kepada Marijang.id menyampaikan bahwa KPU Kota Tidore telah selesai menggelar rapat pleno nomor urut sekaligus menggelar Deklarasi dan Penandatanganan Pakta Integritas terkait dengan protokol Covid-19.

Abdullah Dahlan, S.E., Ketua KPU Kota Tidore Kepulauan

“Jadi inti dari Pakta Integritas adalah Paslon harus mematuhi seluruh protokol Covid-19 yang sudah diatur dalam PKPU Nomor 13 Tahun 2020 yang merupakan perubahan kedua atas PKPU Nomor 6 tahun 2020 tentang  Pilkada Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Non Alam,” terang Abdullah.

Baca juga  Kades Soalkan Anggaran, Posko Pantau Gurua Terancam Tutup, Petugas Medis dan Staf Kecewa

Ketika ditanyai soal Kampanye, dirinya  melanjutkan bahwa terkait dengan kampanye tentu punya potensi kerumunan orang, baik itu dalam bentuk pertemuan terbatas maupun dialog dan jenis kampanye lain yang akan dilaksanakan oleh pasangan calon, dan itu tetap harus dilakukan mengikuti pakta integritas yang sudah ditandatangani tadi, sesuai dengan protokol Kesehatan.

“Untuk kampanye, prinsipnya tetap akan diatur juga, namun sampai saat ini KPU di tiap daerah termasuk KPU Kota Tidore Kepulauan masih menunggu peraturan KPU tentang kampanye, memang PKPU lama itu tetap masih berlaku namun situasi saat ini dalam kondisi pandemi, jadi tentunya PKPU tentang kampanye di tengah Covid-19 akan dikeluarkan, sehari dua mungkin sudah ada,” jelas Abdullah.

Untuk tahapan kampanye, Abdullah  juga menjelaskan, kampanye sesuai jadwal resmi tanggal 26 September – 5 Desember, kurang lebih sekitar 71 hari. KPU Tidore mengawali kegiatan kampanye dengan deklarasi kampanye Damai pada Sabtu, 26 September 2020 di Kantor KPU.

Baca juga  Senin Pagi, Almarhumah Rencananya Dimakamkan di Tidore dengan Pemulasaran Jenazah Covid-19

“Jadi, di tanggal 26 besok pada tahapan kampanye damai, kita akan berikan masing-masing kesempatan pada tiap pasangan calon untuk menyampaikan Visi-Misi secara terbuka di Masyarakat. Dan seluruh tahapan pelaksanaan pilkada, tentu akan dilaksanakan sesuai dengan protokol Covid-19 dan apa yang telah ditandatangani melalui Pakta Integritas tadi,” tutup Abdullah.

Untuk diketahui, berikut isi Deklarasi dan Pakta Integritas tersebut.

1. Mematuhi dan menerapkan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 pada setiap tahapan pemilihan sebagaimana diatur dalam peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2020 yang telah diubah dengan Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2020 dan Protokol Kesehatan yang ditetapkan oleh instansi yang berwenang

2. Mengutamakan kesehatan dan keselamatan para pihak dan pemangku kepentingan dalam pelaksanaan seluruh tahapan pemilihan tahun 2020

3. Menerima Sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku apabila melanggar peraturan mengenai Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. (Red)

Share :

Baca Juga

Mahasiswa Nuku

Kabar

Empat Mahasiswa Universitas Nuku, PKL di Tv Online Tidore

Kabar

Lagi, Tidore Alami Penambahan Kasus Positif Covid-19, Masyarakat Diminta Patuhi Protokol Kesehatan

Kabar

Dini Hari di Bawah Rintik Hujan, Pemuda Negeri di Atas Awan Lakukan Aksi Sosial Lawan Corona
Pasangan BAGUS

Kabar

Jaenudin Saleh : Nomor 1, Spirit Penyatuan untuk Tidore BAGUS
Kegiatan Penyuluhan Kesehatan TMMD ke-108 Kodim 1505/Tidore

Kabar

Peduli Kesehatan, Satgas TMMD Kodim 1505 Terus Gandeng Tim Kesehatan Lakukan Penyuluhan

Kabar

Di Tengah Corona, 120 Ton Beras Akan Tiba di Tidore
Informasi Covid-19

Kabar

Di Tidore Sudah 19 Orang Positif Covid-19, Cek Data dan Sebarannya

Opini

Melawan Covid Dengan Sedekah Kata