Home / Kabar

Selasa, 20 Oktober 2020 - 20:50 WIB

Rencana BAGUS Membangun Tidore dengan Humanis

Pasangan Bagus bersama Tim disambut dengan Tarian (istimewa)

Pasangan Bagus bersama Tim disambut dengan Tarian (istimewa)

Marijang.id, Tidore — “Sebagai Kota yang tumbuh dengan kuatnya entitas kultural, Tidore adalah tempat segala mimpi berakar. Upaya membangun tanah kelahiran ini lebih HEBAT dengan memberi rasa hormat pada nilai leluhur, menghormati perbedaan ras, etnik dan perbedaan agama menjadi motivasi saya bersama Ustad Guntur berbicara di tengah masyarakat,” tutur Basri Salama dengan nada pelan dan mata berkaca.

Paradigma membangun kota saat ini mempunyai kecenderungan mementingkan aspek ekonomi, tanpa melihat aspek sosial, kebudayaan dan lingkungan hidup. Hal ini membuat masyarakat di perkotaan menemui kegagalan dalam menciptakan kehidupan yang manusiawi atau humanis.

Calon Wali Kota Tidore, Basri Salama kepada Marijang.id menyampaikan bahwa membangun kota selayaknya mengutamakan manusia sebagai unsur utama di setiap aspek perencanaan agar tampil lebih manusiawi, juga mengelola perbedaan untuk mencapai keadilan sosial dan kesejahteraan.

Pembangunan yang mengedepankan kepentingan manusia (human oriented development) dengan penghargaan hak-hak politik, ekonomi, sosial dan hak-hak budaya warga-kota menjadi poin penting bagi BAGUS untuk mewujudkan visi Tidore HEBAT 2030.

Baca juga  Pemkot Bakal Lakukan Rapid Test Massal

Basri bilang, sebagai wujud penghormatan pada nilai budaya, pasangan BAGUS sudah pasti mendorong penerapan nilai dan budaya Tidore dalam lingkungan birokrasi yang berlandaskan pada prinsip Budi se Bahasa, Ngaku se Rasai dan Cing se Cingari, dan itu sudah menjadi komitmen dirinya bersama Ustad Guntur.

Basri melanjutkan, dalam setiap penyampaian materi saat kampanye, Pasangan BAGUS selalu menyuarakan kemudahan akses terhadap kebutuhan ekonomi, pendidikan dan kesehatan. Hal tersebut merupakan kebutuhan dasar yang mesti disiapkan oleh seorang pemimpin dalam mewujudkan sebuah kota yang lebih Humanis.

“Saya mencontohkan, jika kotanya sehat maka penduduknya akan sehat. Jika perencanaan kotanya kreatif maka penduduknya juga akan kreatif, dan jika kotanya hijau, maka penduduknya akan bercengkrama dengan penuh harmoni dengan lingkungan sekitarnya,” ujar Basri.

Baca juga  Wakil Walikota Salurkan Bantuan Sosial pada 326 KPM di Galala dan Durian

Ketika ditanya soal penataan ruang yang humanis, Basri menyampaikan, bahwa penataan ruang berorientasi pada tata guna lahan, hal itu memiliki fungsi dalam mendukung kegiatan dasar manusia untuk menikmati kehidupannya, dengan mudah dan nyaman melakukan kegiatan dasarnya.

“Ada kemudahan akses terhadap kebutuhan dasar, itu sebabnya kawasan akan diatur dengan fungsi mixed used yang dapat memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, misalnya Ekonomi, Pendidikan dan Pelayanan Kesehatan”, jelas Basri.

Basri menjelaskan, jika terpilih kami akan membangun Tidore dengan memelihara pikiran warga-kotanya untuk hidup saling mencintai dan memiliki. Kami ingin ada senyum yang merekah dan perasaan bahagia sepanjang hari mengisi suasana kota. Dan semua rencana itu, sudah kami siapkan. (Red)

Share :

Baca Juga

Wakil Walikota Muhammad Sinen menyerakan Bansos secara simbolis kepada salah satu KPM

Kabar

Wakil Walikota Salurkan Bantuan Sosial pada 326 KPM di Galala dan Durian
Ketua Pemuda Muhammadiyah Tikep Muhammad Iksan Hamisi

Kabar

Terkait Pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron, Ini Sikap Pemuda Muhammadiyah TidoreĀ 
Satgas TMMD 108 di Maba Tengah

Kabar

Demi Masyarakat, Satgas TMMD 108 di Maba Tengah Terobos Sungai ONAT
Foto bersama usai Press Conference UMKM Festival 2021

Kabar

Selamat, Daftar 20 Peserta UMKM yang lolos Semifinal UMKM Festival Syukurdofu Indonesia
Ketua Komite I DPD RI, Fachrul Razi

Kabar

Komite I DPD RI Tancap Gas Menyusun Agenda Prioritas Kerja 2021
PPS Kelurahan Afa-Afa seusai melaksanakan rapat pleno.

Kabar

Rapat Pleno RDPHP Pilkada 2020 di PPS Kelurahan Afa-Afa Berjalan Lancar
SMP Negeri 1 Tidore Kepulauan

Kabar

KBM SMP Negeri 1 Tidore Gunakan Daring dan Luring
Foto bersama usai Press Conference UMKM Festival 2021

Kabar

Syukurdofu Indonesia Dorong Pengembangan UMKM Tidore dengan Gelaran UMKM Festival 2021