Home / Kabar

Jumat, 29 Januari 2021 - 15:30 WIB

Dukungan Pahlawan Nasional, Museum Trikora dan Sail Tidore 2021 jadi perhatian Ketua DPD RI dalam Kunjungan Kerja ke Kota Tidore

Sultan Tidore, Husain Alting Syah saat memberi gelar kepada Ketua DPD Republik Indonesia

Sultan Tidore, Husain Alting Syah saat memberi gelar kepada Ketua DPD Republik Indonesia

Marijang.id, Tidore — Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, bersama rombongan melakukan kunjungan kerja di Kota Tidore Kepulauan. Kunjungan tersebut disambut oleh Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Halil Ahmad di Pelabuhan Rum, Kamis (28/01).

AA LaNyalla Mahmud Mattalitti tiba di Tidore disambut dengan prosesi adat Joko Hale (injak tanah) yang merupakan tanda penghormatan bagi pejabat yang baru pertama kali menginjak kaki di bumi Tidore. Selanjutnya, Ketua DPD RI bersama rombongan mengunjungi Kedaton Kesultanan Tidore, tiba disana disambut oleh Sultan Tidore Husain Alting Syah yang juga sebagai Anggota DPD RI Dapil Maluku Utara.

Ketua DPD AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengucapkan terima kasih atas undangan untuk berkunjung ke Negeri para raja dengan banyak rempah-rempah sehingga sejarah juga membuktikan bahwa Kota Tidore menjadi sebuah kerajaan maritim yang memiliki sejarah kekuasaan sangat luas meliputi sebagian Maluku dan Papua.

Di hadapan Sultan Tidore, perangkat adat dan Forkopimda, LaNyalla menegaskan akan memperjuangkan Sultan Zainal Abidin Sjah menjadi pahlawan nasional.

Baca juga  Terkait Pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron, Ini Sikap Pemuda Muhammadiyah Tidore 

“Mengingat jasa-jasa Sultan Zainal Abidin Sjah dalam mempertahankan kedaulatan negeri ini, saya mendukung penuh sekaligus mengusulkan Sultan Zainal Abidin Sjah sebagai pahlawan nasional,” tegas LaNyalla.

Dirinya juga mengusulkan bahwa perlu dibangun museum atau monumen peringatan Trikora di Kota Tidore sehingga generasi muda dan masyarakat Indonesia bisa melihat kembali sejarah Tidore dan bagaimana pentingnya mempertahankan NKRI pada waktu itu.

LaNyalla juga menambahkan bahwa tidak lama lagi Kota Tidore Kepulauan akan menggelar Sail Tidore pada Tahun ini (2021), yang dirangkaikan dengan berbagai kegiatan budaya dan wisata, sehingga dirinya berharap Sail Tidore dapat mendorong pertukaran pengetahuan, pemahaman lintas budaya, maupun kerja sama dalam konteks ekonomi (perdagangan dan investasi) bagi Negara peserta.

Selain itu,  LaNyalla juga berharap agar event internasional ini dapat meningkatkan kerja sama pariwisata, ekonomi kreatif, pendidikan, ilmu pengetahuan, hubungan sosial budaya, serta mengupayakan jalur rempah menjadi warisan budaya di UNESCO.

Sementara itu, Sultan Tidore Husain Alting Syah yang juga sebagai anggota DPD RI Dapil Maluku Utara juga mengucapkan selamat datang kepada Ketua DPD RI bersama rombongan di Kota Tidore Kepulauan, Kota kecil yang memiliki banyak sejarah yang dikenal dengan Negeri yang penuh dengan rempah-rempah.

Baca juga  Desa Koli Dapat Bantuan Mobil, Begini Kata Kades

“Kunjungan ini juga mempererat tali silaturahmi kita sebagai anak bangsa di Indonesia. Mudah-mudahan pertemuan ini menjadi momentum untuk bangsa ini terus menjaga cinta dan kebersamaan,” kata Husain Alting.

Husain juga megatakan bahwa tidak sekedar membanggakan diri akan tetapi setidaknya Republik ini mengetahui bahwa Papua tanpa Tidore itu tidak ada NKRI, sehinga kita tidak bisa membohongi sejarah tetapi tetap konsisten dan memelihara sejarah dengan cara yang sebenar-benarnya,” jelas Husain Syah.

Piagam Penghargaan dari Sultan Tidore Hi Husain Alting Syah kepada Ketua DPD Republik Indonesia.

Disela-sela kunjungan kerja Ketua DPD RI AA LaNyalla juga dianugerahi gelar adat berdasarkan Keputusan Sultan Tidore Nomor : 01/KPTS/ST/1/2021 tentang pemberian gelar sebagai Utusan Bobato Madofolo Nyili Gulu-Gulu yang memiliki arti Perwakilan Kesultanan Tidore di Wilayah Jauh, sebagai bentuk penghargaan sekaligus penghormatan tertinggi dari Kesultanan Tidore karena telah memberikan kontribusi yang baik kepada Bangsa Indonesia. (Hms/Red) 

Share :

Baca Juga

Pjs Walikota Ansar Daaly melakukan tatap muka dengan Camat beserta Lurah, Kepala Desa serta Tokoh Masyarakat

Kabar

Pastikan Kesiapan Kecamatan Hadapi Pilkada, Pjs Walikota Tidore lakukan Kuker
Literasi PASIR di Morotai

Kabar

Literasi Desa Korago sebagai Pendidikan Alternatif bagi Generasi

Kabar

Masyarakat di Gurabunga Diberikan Pemahaman Covid-19

Kabar

ini yang dibahas Ketua DPRD Provinsi dan Komisi III ketika Kuker ke Pemkot Tidore
Menjaring Informasi

Kabar

Jadi Khatib Salat Idulfitri, Ketua PGRI Halteng Sampaikan Hal Ini

Kabar

Di Tengah Corona, Pemkot Bersama dengan BAZNAS Tidore Salurkan ZIS Sebesar Rp 217 Juta
Bupati Haltim

Kabar

Bupati Haltim Resmi Menutup Kegiatan TMMD Ke-108 Kodim 1505/Tidore
Rahmad Sadik Gafur saat menyampaikan pidato kemenangan

Kabar

Pemuda Tafure Terpilih Menakhodai KNPI Ternate