Home / Kabar

Senin, 1 Februari 2021 - 09:26 WIB

Bank Maluku-Malut Cabang Soasio Berikan Akses Modal hingga 50 Juta Pada 20 Semifinalis UMKM Festival 2021 Syukurdofu Indonesia

Foto bersama Founder Syukurdofu Indonesia, Kepala Pemasaran Bank Maluku-Malut Cabang Soasio Tidore, Kabid Perindagkop Tidore dan peserta yang lolos tahap final

Foto bersama Founder Syukurdofu Indonesia, Kepala Pemasaran Bank Maluku-Malut Cabang Soasio Tidore, Kabid Perindagkop Tidore dan peserta yang lolos tahap final

Marijang.id, Tidore — UMKM Festival 2021 yang diselenggarakan oleh Syukurdofu Indonesia telah melewati tahapan Semifinal. Kegiatan penjurian terhadap peserta yang lolos semifinal telah dilaksanakan pada Minggu, (31/01) kemarin di Visal penginapan, kelurahan Gamtufkange, Tidore.

Sebelumnya, para peserta yang diundang melakukan presentasi pada semifinal ini telah melewati tahapan seleksi atas ide usaha yang disampaikan secara tertulis melalui Proposal kepada Syukurdofu Indonesia.

Founder Syukurdofu Indonesia, Abd. Haris Muhiddin menyampaikan, kegiatan semifinal UMKM Festival ini dilakukan dengan presentasi ide bisnis di hadapan dewan juri yang terdiri dari Kabid Perindagkop Tidore Mulyadi Tahir, SE. MSi,  Kepala Pemasaran Bank Maluku-Malut Cabang Soasio Adi Rumonin, dan Asisten Direktur Beb WhiteC Skincare, Chenk Ayu.

Dirinya menyampaikan, sebelum dilakukan presentasi, Syukurdofu Indonesia beserta tim dari Perindagkop dan Bank Maluku-Malut cabang Soasio telah melakukan survei ke lokasi usaha para peserta yang lolos seleksi proposal ide bisnis. Survei tersebut dimaksudkan, menilai secara langsung hubungan antara ide bisnis dan kemampuan pelaku usaha dalam mendesain tempat usaha, serta menghasilkan produk dari usaha yang ditawarkan sebelumnya dalam tahapan penjurian proposal.

Baca juga  Gandeng Pedagang di Tidore, Pemkot Bakal Lakukan Penyaluran Bantuan Sembako ke Masyarakat

Dia menjelaskan, semifinal UMKM Festival ini dilakukan dengan menilai bisnis potensial, problem solving (penyelesaian masalah) dan penguasaan produk.

“Dewan Juri menilai sejauh mana para pelaku UMKM ini menguasai produk dan usaha-usaha yang dapat menjadi solusi dalam menjawab kebutuhan di masyarakat,” lanjutnya.

Abd. Haris Muhiddin menambahkan, semua UMKM yang masuk ke babak semifinal sangat luar biasa dari sisi produk. Namun, beberapa masih kurang maksimal mempresentasikannya kepada dewan juri.

“Mungkin kegiatan seperti ini merupakan sesuatu yang baru di Tidore jadi banyak pelaku usaha yang baru menyesuaikan sehingga kurang maksimal menyampaikan presentasi produknya,” jelas Abd. Haris.

Founder Syukurdofu Indonesia, Abd. Haris Muhiddin saat mengumumkan peserta yang lolos ke tahap Final UMKM Festival

Abd. Haris berharap, tujuan digelar UMKM Festival 2021 dapat tercapai, yakni dengan mengembangkan dan memajukan UMKM yang ada di Tikep dan Maluku Utara pada umumnya.

“Bagi peserta yang belum lolos ke semifinal maupun final UMKM Festival, jasa/produk UMKM yang mereka tawarkan tetaplah terbaik. Namun begitulah kompetisi, selalu ada yang kalah dan menang. Kami berharap, semua pihak terus berkolaborasi dan saling mendukung pemajuan UMKM di Tidore,” tutup Abd. Haris.

Baca juga  Sebanyak 84 Pengendara ditindak Polres Halteng Selama Operasi Patuh Kie Raha 2020

Sementara, Kepala Pemasaran Bank Maluku-Malut cabang Soasio Tidore Mulyadi Tahir, SE. MSi menyampaikan apresiasi terhadap seluruh peserta yang masuk dalam 20 besar UMKM Festival yang diselenggarakan oleh Syukurdofu Indonesia.

Salah satu peserta saat presentasi ide bisnis kepada dewan juri

“Bahwa 20 peserta semifinal hari ini akan di berikan akses khusus untuk pinjaman modal usaha sampai dengan 50 juta rupiah oleh Bank Maluku-Malut Cabang Soasio sebagai bentuk perhatian terhadap pemajuan UMKM di Kota Tidore Kepulauan,” jelasnya.

Untuk peserta UMKM serta produk/jasa yang telah dipresentasikan pada semifinal (kemarin), Syukurdofu mengumumkan 12 peserta yang lolos ke tahapan Final sesuai nomor urut bagi UMKM yang mendapatkan nilai paling tertinggi.

Adapun 12 peserta yang lolos tahapan final UMKM Festival terdiri dari :
1. Kabong Cahaya
2. Mauza Toys Rental
3. Legend House
4. Mahode Tidore
5. MEUS Creative Studio
6. Duta Gelex
7. NUKA
8. Bira Bento
9. Fal Food
10. Fola Doyo
11. Samanta
12. Good Daddy (Red) 

Share :

Baca Juga

Kabar

FPM Mafututu-Jiko Cobo Gelar Dialog Rakyat Tentang Pembangunan Tidore, Dua Calon Wali Kota Tak Hadir

Kabar

Aliansi Masyarakat Kebun Raja; Bupati Harus Copot Asrul Hasan Sebagai Pjs Kades
Menjaring Informasi

Akademika

Sambutan di Wisuda TK, Ketua PGRI Ajak Dinas Pendidikan Bersinergi Majukan Pendidikan Sesuai dengan Visi Misi Elang Rahim
Anggota DPD RI, Husain Alting Sjah saat memberikan sambutan pada perayaan hari jadi Sanggar Rau Gabi, Kelurahan Gurabunga (Istimewa)

Kabar

Reses di Gurabunga, Husain Alting Sjah Berpesan Pentingnya Pelestarian Budaya dan Bahasa Tidore

Kabar

Pantau Pelaksanaan Rapid Test Massal Terhadap Pedagang, Ini yang Disampaikan Wawali Tidore
Wakil Wali Kota Tidore Kepualauan Muhammad Sinen, SE saat memberikan sambutan pada Pembukaan Rapat Kerja Daerah Tahun 2020 di Aula Sultan Nuku

Kabar

Pemkot Tidore Gelar Rakerda Pelayanan Publik dan Birokrasi
Informasi Covid-19

Kabar

Data Terbaru Perkembangan Covid-19 di Tidore
Wakil Ketua DPD RI, Letjen TNI Marinir (Purn) Dr. Nono Sampono memberikan Plakat kepada Sultan Tidore, Husain Alting Syah

Jelajah

FGD bersama DPD RI, Husain Alting Syah: Tidore dan Papua Bersaudara, Tidak ada Agresi Militer Tidore terhadap Papua