Home / Akademika / Kabar

Selasa, 23 Februari 2021 - 19:28 WIB

Lewat Deklarasi Literasi Tutumaloleo, FTBM-HALUT Dorong Gerakan Literasi di Halmahera Utara

Suasana deklarasi gerakan literasi di Desa Tutumaloleo, Kecamatan Galela Utara, Halmahera Utara.

Suasana deklarasi gerakan literasi di Desa Tutumaloleo, Kecamatan Galela Utara, Halmahera Utara.

Marijang.id, Halmahera Utara — Kesadaran dan semangat anak-anak muda di Kecamatan Galela Utara, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara dalam  gerakan literasi (Kampung Baca) direspon baik oleh berbagai lapisan masyarakat.

Pada Senin (22/02) malam, beberapa Komunitas literasi yang diinisiasi oleh TBM Satoemama mendeklarasikan gerakan literasi di Desa Tutumaloleo Kecamatan Galela Utara.

Komunitas literasi Tabatuku, sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan mendapatkan respon baik dari Pemerintah Desa hingga acara deklarasi selesai.

Wahyu Tobona, selaku Sekretaris Desa Tutumaloleo mengucapkan terima kasih kepada Ketua Forum Taman Baca Masyarakat Halmahera Utara (FTBM-HALUT), dalam hal ini Apoell Mailoa yang punya kepedulian terhadap kemajuan pendidikan di daerah Halut, khususnya di Galela Utara.

“Saya juga menyampaikan kepada masyarakat agar membuka ruang untuk anak-anak, adik-adik pemuda menumbuhkan semangat berliterasi, sehingga kedepan generasi Galela Utara memiliki bekal kecerdasan, karena membangun literasi sama halnya membangun budaya”, tutup Wahyu Tobona.

Baca juga  Danrem 152/Baabullah Coffee Morning  Bersama Insan Pers Malut

Asmin Bakri, yang merupakan warga Desa Tutumaloleo menyampaikan bahwa apa yang dilakukan teman-teman saat ini merupakan langkah awal yang luar biasa.

Dirinya berharap, pemerintah daerah lebih serius untuk memperhatikn pengiat literasi yang ada di Halut, terkhusus di Galela Utara.

“Bila perlu, di setiap Desa harus ada perpustakaan,” ungkapnya.

Sementara, Camat Galela Utara, menyampaikan kegiatan seperti ini sangat dinantikan untuk membantu Pemerintah Kecamatan dalam menumbuh kembangkan minat belajar anak di masa pandemi, sehingga Galela Utara bisa bersaing dalam dunia pendidikan lebih luas lagi.

Hal yang sama juga, disampaikan oleh Satgas Yon Armed-8, Kapten Arm. Puryadi. Selaku Danki dirinya menyampaikan kegiatan seperti ini sudah pasti akan didukung penuh guna menciptakan generasi yang cerdas dan cinta akan Tanah Air (NKRI)”.

Baca juga  Tingkatkan Kualitas Guru, TK Kusumawati, Kuleyevo dan Dharma Wanita Gelar Bimtek Pengimbasan

Di lain sisi, Ruzh Balasteng selaku Pengiat literasi Galela Utara, menyayangkan kegiatan-kegiatan literasi yang seharusnya diperhatikan oleh pemerintah daerah, namun kehadiran mereka terkesan belum ada sama sekali, padahal dengan giat literasi seperti ini sangat membantu pemerintah daerah untuk memajukan Pendidikan di Halmahera Utara.

Hasbullah A. Damu yang biasa disapa Apoel Mailoa kepada Marijang.id menyampaikan, selaku Ketua Forum Taman Baca Masyarakat Halmahera Utara (FTBM-HALUT) dirinya dan teman-teman pegiat literasi selalu berupaya untuk menjalankan dan membangun semangat literasi di Halmahera Utara”.

“Dari pesisir utara Halmahera, kami akan membuat terobosan pembangunan literasi sehingga Pemerintah Daerah (Pemda) bisa jeli dalam melihat manfaat dari gerakan literasi ini. Kami juga mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk selalu mengobarkan semangat Literasi di Bumi Hibualamo,” tutup Apoel Mailoa. (Asrul/Red) 

Share :

Baca Juga

Kodim 1505/Tidore

Kabar

Kodim Tidore Gelar Komsos Cegah Tangkal Radikalisme
Gelaran Diskusi Sail Tidore 2021 oleh Komunitas Rumah Bacarita

Kabar

Komunitas Rumah Bacarita Gelar Diskusi Sail Tidore
Bupati Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) Ir. Muhdin H. Ma'bud saat bertemu masyarakat Kecamatan Wasile Selatan yang melakukan demonstrasi di Desa Nusajaya, Selasa (7/7)

Kabar

Bertemu Warga, Bupati Haltim Tindaklanjuti Tuntutan
Foto Bersama Usai Rapat

Kabar

MPC PP Kota Ternate Gelar Rapat Pemilihan PAC se-Kota Ternate

Kabar

Sultan Tidore Minta Evaluasi Penanganan Covid-19 dan IUP Yang Merusak Lingkungan
Zainuddin Arahaim

Kabar

Zainuddin Arahaim; Mari Saling Dukung dalam Pelestarian Lingkungan
Penyerahan Penghargaan Satya Lencana oleh Ketua KPU Tidore, Abdullah Dahlan kepada kelima ASN

Kabar

Presiden Joko Widodo Anugerahi Satya Lencana kepada Lima ASN di KPU Tidore
Alex Gamalama saat menyampaikan orasi pada Kampanye BAGUS di Kelurahan Seli pada Minggu (22/11) malam

Kabar

Seruan Dukungan Alex Gamalama untuk BAGUS “Menggelegar” di Seli