Home / Kabar

Sabtu, 6 Februari 2021 - 18:35 WIB

Nur Indrawati Pary: RPI Akan Buat Riset Kebutuhan Literasi Nasional dan Gerakan #OneWeekOneBook

Ketua DPP RPI Bidang Pengembangan Literasi Nasional Nur Indrawati Pary

Ketua DPP RPI Bidang Pengembangan Literasi Nasional Nur Indrawati Pary

Marijang.id, Nasional–Bidang Pengembangan Literasi Nasional DPP RPI akan menyelenggarakan riset kebutuhan literasi nasional di internal RPI dan kampanye membaca #OneWeekOneBook.

“Kita akan buat riset kebutuhan literasi nasional lewat jaringan RPI se-Indonesia,” kata Ketua DPP RPI Bidang Pengembangan Literasi Nasional Nur Indrawati Pary di Depok, Sabtu (6/2).

Menurut Indrawaty, pengurus DPP RPI sebagai pengurus nasional akan berfokus untuk melakukan mapping literasi di tingkat DPW, selanjutnya DPW ke DPD. Ini menjadi gerakan literasi untuk meningkatkan kapasitas membaca masyarakat Indonesia.

“Jadi, DPP akan membuat konsep gerakan literasi nasional yang dapat diaplikasikan di tingkat DPW dan DPD,” jelas Indrawati Pary.

“Selain itu, kita juga ingin agar masyarakat membudayakan baca buku, paling tidak seminggu satu buku,” lanjut Nur Indrawati yang juga Pustakawan di Perputakaan Depok, Jawa Barat.

Baca juga  Tidak Gratis, Layanan Video Call Warga Binaan Rutan Tidore Dibebani Rp 250-500 per Menit

Olehnya itu, Bidang Pengembangan Literasi Nasional akan membuat #OneWeekOneBook, yakni program membaca satu buku satu minggu. Program #OneWeekOneBook ini juga akan bermanfaat agar kita literasi kita meningkat. Jika banyak membaca, maka bank kata-nya akan banyak.

“Sekarang ini buat rekayasa budaya gaya hidup yang lebih sehat dengan memasukkan unsur membaca menjadi menu dalam kehidupan kita sehari-hari,” tambah Nur Indrawati yang juga praktisi home schooling.

Yang pertama kali harus diyakinkan, lanjutnya yang juga pendongeng, adalah agar tiap orang melakukannya bahwa tiap kita harus mampu meyakinkan diri sendiri bahwa kita bisa menjadi semakin meningkat dalam literasi untuk Indonesia maju.

“Rapat bidang ini merupakan rapat pertama dari 28 bidang di DPP RPI dan ini sangat luar biasa,” kata Presiden RPI Yanuardi Syukur dalam sambutannya.

Baca juga  MAN 1 Halteng Gladi Bersih Upacara HAB K-75 Kemenag RI

Yanuardi menyambut positif rencana program bidang yang diharapkan dapat bermitra dengan berbagai instansi dan lembaga di Indonesia.

“Saat ini, zaman kolaborasi, maka RPI harus bisa bermitra dengan berbagai lembaga untuk sama-sama memajukan Indonesia,” jelasnya.

Hadir dalam rapat ini selain Yanuardi Syukur dan Nur Indrawati adalah Sekretaris Bidang Diah Mardiah di Depok, Siti Maryam Mahmud di Gowa, dan Sry Eka Handayani di Bukittinggi Sumbar. Anggota Bidang lainnya pada bidang ini adalah Aktivis Literasi di Sumedang Siti Maria Ulfah, Aktivis Ekoliterasi Maluku Utara Muh Arba’in Mahmud, Dosen Jurnalistik UIN Alauddin Rahmawati Latief, dan Penulis dan guru asal Sumsel Efri Deplin. (Hms/Red)

Share :

Baca Juga

Kegiatan Penyuluhan Kesehatan TMMD ke-108 Kodim 1505/Tidore

Kabar

Peduli Kesehatan, Satgas TMMD Kodim 1505 Terus Gandeng Tim Kesehatan Lakukan Penyuluhan
Kabag Ops Polres Tidore, AKP N Daniel Maribunga, S.Pd dengan didampingi, Paur Dal Ops IPTU Ofan Abdurachman dan Paur Humas IPTU Arjan Nasir

Kabar

Polres Tidore Siap Lakukan Pengamanan Pendaftaran Paslon
PPS Kelurahan Afa-Afa seusai melaksanakan rapat pleno.

Kabar

Rapat Pleno RDPHP Pilkada 2020 di PPS Kelurahan Afa-Afa Berjalan Lancar
Jalan-Jalan Virtual ke Daratan Eropa oleh RPI English School

Kabar

Jalan-Jalan Virtual, RPI English School Melanglang Buana ke Seantero Eropa
Foto Bersama Penutupan Istambul Super League 2020

Kabar

Istambul Super League (ISL) Resmi Ditutup Wakil Wali Kota Tidore
Danrem 152/Baabullah Brigjen TNI Imam Sampurno Setiawan saatPimpin Upacara Serah Terima Satgas Pengamanan Daerah Rawan Yonif Rk 732/Banau dengan Yonarmed 8/105 Tarik

Kabar

Danrem 152/Baabullah Pimpin Upacara Penyambutan Satgas Yonif RK 732/Banau dan Penerimaan Yonarmed 8/105 Tarik Tahun 2021

Kabar

Tidore Berduka, Di Penghujung Ramadan 1441 H Sekda Kota Tidore Tutup Usia
Persiapan Rapid Test

Kabar

Bawaslu Tidore Lakukan Rapid Test Pada Jajaran Panwascam, Begini Hasilnya