Home / Kabar

Rabu, 24 Maret 2021 - 17:07 WIB

Peringati Dies Natalis GMNI, Maskur Latif: Konsolidasi dan Advokasi Persoalan Kebangsaan Jadi Prioritas

Pengurus DPD GMNI Malut, DPC dan Kader GMNI Malut saat acara Dies Natalis ke-67 di Kafe FLB Ternate

Pengurus DPD GMNI Malut, DPC dan Kader GMNI Malut saat acara Dies Natalis ke-67 di Kafe FLB Ternate

Ternate, Marijang.id — Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) memasuki usia ke-67 tahun. Tepat pada tanggal 23 Maret 1954, GMNI lahir sebagai organisasi pergerakan dan organisasi kader yang berazaskan marhaenisme yang dipelopori oleh Bung Karno.

Organisasi atau wadah ini senantiasa berjuang untuk kepentingan kaum buruh, tani, nelayan dan kaum-kaum tertindas lainnya sebagai bentuk pengabdian.

Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPD-GMNI) Maluku Utara menjadikan dies natalis kali ini sebagai momentum penting untuk melakukan konsolidasi organisasi, konsolidasi ideologi , dan konsolidasi kader GMNI Maluku Utara di semua tingkatan struktur.

Perayaan dies natalis yang diawali dengan diskusi lepas atau Ngobrol Pikiran (Ngopi) oleh DPD GMNI Maluku Utara, juga dihadiri DPC GMNI Kabupaten/Kota se-Malut. Kegiatan ini dipusatkan di Kota Ternate, tepatnya di Kafe FLB, pada (23/03).

Dies natalis ini dihadiri para delegasi atau utusan dari masing-masing DPC, yakni Ketua dan Sekretaris, serta pengurus DPC GMNI lainnya.

Ketua DPD GMNI Malut, Maskur Hi Latif, pada Marijang.id meminta kepada pengurus DPC GMNI kabupaten dan kota di lingkup Maluku Utara untuk terus melakukan pengaderan, membangun kualitas kader, juga pembasisan kader di setiap kampus, juga jangan lupa tetap melakukan advokasi dan gerakan terhadap persoalan-persoalan daerah dan kebangsaan saat ini.

Baca juga  Satgas TMMD Kodim 1505/Tidore Bergerak Cepat Membantu Warga yang Sakit

“Terkait dengan dualisme kepengurusan GMNI, itu adalah dinamika organisasi yang biasa terjadi tapi sesungguhnya GMNI tetaplah satu, yang dua itu struktur kepengurusannya, sesungguhnya azas perjuangan GMNI tetap sama yakni marhenisme ajaran Bung Karno,” ungkap Maskur Hi. Laif.

Lanjut Maskur, yang menjadi terpenting adalah posisi GMNI mau dikemanakan dan siapa yang menjadi kawan GMNI? Karena GMNI ini azas perjuangannya adalah marhaenisme ajaran Bung Karno maka posisi GMNI jelas dan tegas tetap membela kaum marhaen, dan GMNI tetap berkawan dengan rakyat dan bukan kaum elektoral kekuasaan.

Maskur menjelaskan, dalam waktu dekat DPD GMNI Maluku Utara akan berkordinasi dengan DPP GMNI dalam hal ini Ketua Umum Imanuel Cahyadi dan Sekretaris Jenderal (Sekjend), Sojahri Somar Namsa, dan Pengurus Lembaga Bantuan Hukum dan Advokasi (LBHA) Trisakti Indonesia untuk menghadirkan atau mendirikan LBHA Trisakti Indonesia Cabang Maluku Utara.

“Tujuannya adalah melakukan pendampingan hukum terhadap warga yang tidak mampu tanpa pungut biaya seperti yang sudah sejak lama dilakukan oleh kepemimpinan GMNI pada masa Bung Twedy Noviadi Ginting, Chrisman Damanik, hingga Imanuel Cahyadi saat ini,” jelas Maskur.

Baca juga  Bahaya Ilegal Fishing, Kepulauan Widi Harus Serius diperhatikan Pemerintah

Pada kesempatan yang sama, sekretaris DPD GMNI Malut, Muhammad Idhar Bakri, turut mengulas, bahwa GMNI hakikatnya hanya satu, tidak ada perpecahan, apalagi permusuhan, karena sekali lagi azas perjuangannya tetap marhaenisme tidak ada GMNI dua yang ada hanya satu, kita fokus kaderisasi dan laksanakan “Tri Mantap GMNI” yaitu; 1). Mantap organisasi; 2). Mantap ideologi, dan 3). Mantap kaderisasi untuk memenangkan jaman.

Untuk diketahui, turut hadir pada agenda dies natalis dan Ngobrol Pikiran (Ngopi) di Kafe FLB Ternate yakni, Iwan Marwan (Sekretaris DPC Ternate), Sumitro K. Komdan (Ketua DPC Halsel), Ciknoris Paryama (Ketua DPC Halut) Melkias (DPC Halbar), juga Harmain Rusli sebagai Ketua DPC GPM Halsel.

Masing-masing dari mereka memberikan apresiasi kepada pengurus DPD GMNI Maluku Utara yang mampu mengonsolidasikan seluruh DPC di Maluku Utara pada acara dies natalis GMNI ke 67 untuk dapat bertemu, bercakap dan berdiskusi secara langsung. (Asrul/Red) 

Share :

Baca Juga

Bimtek Penggunaan Sirekap dalam Pilkada Serentak 2020

Kabar

KPU Rencana Gunakan Sirekap dalam Pilkada Tikep

Kabar

Panwascam Tidore Timur Menyesalkan Tuduhan Calon Wakil Wali Kota AMAN Jilid II
Bupati Halteng, Edi Langkara saat memberikan sambutan dalam acara peletakan batu pertama pembangunan Tower Telekomunikasi Jaringan 4G di Kecamatan Patani Barat

Kabar

Tahun Depan, Seluruh Halteng Sudah Gunakan Teknologi 4G
Menjaring Informasi

Kabar

Jadi Khatib Salat Idulfitri, Ketua PGRI Halteng Sampaikan Hal Ini
Pasangan BAGUS bersama masyarakat di Kelurahan Dowora

Kabar

Kampanye di Dowora, BAGUS Pastikan Berpihak Kepada Petani

Kabar

Dampak Corona, Gubernur Maluku Berlakukan PSBR 

Kabar

Sebanyak 833 Orang KPM di Oba Utara Dapat Bantuan

Jelajah

Bahaya Ilegal Fishing, Kepulauan Widi Harus Serius diperhatikan Pemerintah