Home / Kabar

Rabu, 24 Maret 2021 - 17:07 WIB

Peringati Dies Natalis GMNI, Maskur Latif: Konsolidasi dan Advokasi Persoalan Kebangsaan Jadi Prioritas

Pengurus DPD GMNI Malut, DPC dan Kader GMNI Malut saat acara Dies Natalis ke-67 di Kafe FLB Ternate

Pengurus DPD GMNI Malut, DPC dan Kader GMNI Malut saat acara Dies Natalis ke-67 di Kafe FLB Ternate

Ternate, Marijang.id — Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) memasuki usia ke-67 tahun. Tepat pada tanggal 23 Maret 1954, GMNI lahir sebagai organisasi pergerakan dan organisasi kader yang berazaskan marhaenisme yang dipelopori oleh Bung Karno.

Organisasi atau wadah ini senantiasa berjuang untuk kepentingan kaum buruh, tani, nelayan dan kaum-kaum tertindas lainnya sebagai bentuk pengabdian.

Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPD-GMNI) Maluku Utara menjadikan dies natalis kali ini sebagai momentum penting untuk melakukan konsolidasi organisasi, konsolidasi ideologi , dan konsolidasi kader GMNI Maluku Utara di semua tingkatan struktur.

Perayaan dies natalis yang diawali dengan diskusi lepas atau Ngobrol Pikiran (Ngopi) oleh DPD GMNI Maluku Utara, juga dihadiri DPC GMNI Kabupaten/Kota se-Malut. Kegiatan ini dipusatkan di Kota Ternate, tepatnya di Kafe FLB, pada (23/03).

Dies natalis ini dihadiri para delegasi atau utusan dari masing-masing DPC, yakni Ketua dan Sekretaris, serta pengurus DPC GMNI lainnya.

Ketua DPD GMNI Malut, Maskur Hi Latif, pada Marijang.id meminta kepada pengurus DPC GMNI kabupaten dan kota di lingkup Maluku Utara untuk terus melakukan pengaderan, membangun kualitas kader, juga pembasisan kader di setiap kampus, juga jangan lupa tetap melakukan advokasi dan gerakan terhadap persoalan-persoalan daerah dan kebangsaan saat ini.

Baca juga  Siswa di Tidore akan Dapat Kuota Internet Gratis 35 GB

“Terkait dengan dualisme kepengurusan GMNI, itu adalah dinamika organisasi yang biasa terjadi tapi sesungguhnya GMNI tetaplah satu, yang dua itu struktur kepengurusannya, sesungguhnya azas perjuangan GMNI tetap sama yakni marhenisme ajaran Bung Karno,” ungkap Maskur Hi. Laif.

Lanjut Maskur, yang menjadi terpenting adalah posisi GMNI mau dikemanakan dan siapa yang menjadi kawan GMNI? Karena GMNI ini azas perjuangannya adalah marhaenisme ajaran Bung Karno maka posisi GMNI jelas dan tegas tetap membela kaum marhaen, dan GMNI tetap berkawan dengan rakyat dan bukan kaum elektoral kekuasaan.

Maskur menjelaskan, dalam waktu dekat DPD GMNI Maluku Utara akan berkordinasi dengan DPP GMNI dalam hal ini Ketua Umum Imanuel Cahyadi dan Sekretaris Jenderal (Sekjend), Sojahri Somar Namsa, dan Pengurus Lembaga Bantuan Hukum dan Advokasi (LBHA) Trisakti Indonesia untuk menghadirkan atau mendirikan LBHA Trisakti Indonesia Cabang Maluku Utara.

“Tujuannya adalah melakukan pendampingan hukum terhadap warga yang tidak mampu tanpa pungut biaya seperti yang sudah sejak lama dilakukan oleh kepemimpinan GMNI pada masa Bung Twedy Noviadi Ginting, Chrisman Damanik, hingga Imanuel Cahyadi saat ini,” jelas Maskur.

Baca juga  Bantuan Rp 600 Ribu Dinilai Tak Sepadan, FPM Mafututu-Jiko Cobo Gelar Aksi

Pada kesempatan yang sama, sekretaris DPD GMNI Malut, Muhammad Idhar Bakri, turut mengulas, bahwa GMNI hakikatnya hanya satu, tidak ada perpecahan, apalagi permusuhan, karena sekali lagi azas perjuangannya tetap marhaenisme tidak ada GMNI dua yang ada hanya satu, kita fokus kaderisasi dan laksanakan “Tri Mantap GMNI” yaitu; 1). Mantap organisasi; 2). Mantap ideologi, dan 3). Mantap kaderisasi untuk memenangkan jaman.

Untuk diketahui, turut hadir pada agenda dies natalis dan Ngobrol Pikiran (Ngopi) di Kafe FLB Ternate yakni, Iwan Marwan (Sekretaris DPC Ternate), Sumitro K. Komdan (Ketua DPC Halsel), Ciknoris Paryama (Ketua DPC Halut) Melkias (DPC Halbar), juga Harmain Rusli sebagai Ketua DPC GPM Halsel.

Masing-masing dari mereka memberikan apresiasi kepada pengurus DPD GMNI Maluku Utara yang mampu mengonsolidasikan seluruh DPC di Maluku Utara pada acara dies natalis GMNI ke 67 untuk dapat bertemu, bercakap dan berdiskusi secara langsung. (Asrul/Red) 

Share :

Baca Juga

Kabar

Setelah Penetapan Nomor Urut, Dinding Facebook “Banjir Postingan”
Mahasiswa Nuku

Kabar

Empat Mahasiswa Universitas Nuku, PKL di Tv Online Tidore
Anggota Bawaslu Tidore Koordinator Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran (HPP), Amru Arfah

Kabar

ASN dan Kepala Desa Wajib Baca ini

Kabar

MPC PP Kota Ternate Dorong Pemkot Benahi Fasilitas Penunjang Makam Sultan Baabullah
Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Serentak di Kantor KPU Kabupaten Halmahera Selatan

Kabar

KPU Tidore Ikuti Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di Kantor KPU Halsel
Suasana Musyawarah IPMG

Kabar

Musyawarah IPMG: Kiki Sri Wahyuni Safi Terpilih Sebagai Ketua Umum

Kabar

Pasca 10 Juni 2020, Akses Masuk dan Keluar Tidore Kembali Normal

Kabar

Wali Kota Ali Ibrahim Lantik Pejabat Sekda Tidore