Home / Uncategorized

Sabtu, 5 Juni 2021 - 10:04 WIB

Ketua PGRI Halteng Khutbah Jum’at di Masjid Darussalam Weda

Suasana khutbah Jum'at di masjid Darussalam Weda

Suasana khutbah Jum'at di masjid Darussalam Weda

Weda, Marijang.id – Mengenal orang orang yang membuat kerusakan. Demikian judul khutbah yang disampaikan oleh Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Halmahera Tengah, Rusli B.M Dji Husin saat menjadi Khatib di Masjid Darussalam Weda, Jumat (04/06).

Dalam khutbah itu Rusli mengajak kepada seluruh jamaah Jumat untuk bersama memahami dan mengenal bagimana penjelasan Allah SWT dalam Alquran tentang orang-orang yang membuat kerusakan.

“Q.S Al-Baqarah ayat 205 yang artinya dan apabila ia berpaling (dari kamu), ia berjalan di bumi untuk mengadakan kerusakan padanya, dan merusak,” kata Rusli, membacakan firman Allah.

Dijelaskannya, bagimana jadinya kita menjalankan kehidupan ini tanpa pedoman, petunjuk dari Allah? Maka bisa saja yang terjadi suatu kesalahan yang berakibat buruk bagi diri kita, lingkungan, serta masyarakat pada umumnya.

“Berarti membutuhkan suatu sikap, kepastian dari kita untuk mengedepankan konsep Quran sebagai acuan untuk menata kehidupan kita yang lebih baik, bukan kita saling merusak sesama manusia yang mengikuti hawa nafsu belaka dan yang akan menimbulkan kehancuran,” jelas Rusli.

Ditambahkannya, Allah melarang berbuat kerusakan juga ditegaskan dalam Q.S Al-Baqarah ayat 60 yang artinya: Makan dan minumlah dari reziki (yang diberikan) Allah, dan janganlah kamu berkeliaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan.

Baca juga  Sultan Tidore Minta Evaluasi Penanganan Covid-19 dan IUP Yang Merusak Lingkungan

“Sudah jelas bagi kita bahwa Allah melarang berkeliaran dimuka bumi dengan berbuat kerusakan, baik itu kerusakan dalam nilai moral, akhlak, kemasyarakatan dan masih banyak lagi kerusakan yang tidak mungkin dijabarkan semua. Tetapi yang harus kita pahami dari ayat ini adalah Allah mengatakan jangan berkeliaran di bumi dengan berbuat kerusakan berarti apa-apa yang ada di dalam isi bumi ini,” pungkasnya.

Khutbah tersebut juga, Rusli menyampaikan soal larangan Allah untuk tidak mengikuti perilaku orang yang berbuat kerusakan, seperti ditegaskan dalam Al-Qur’an surah Al-A’raf ayat 142 yang artinya: “Dan janganlah kamu mengikuti jalan orang-orang yang membuat kerusakan”.

Termasuk penegasan juga pada Q.S Al-Imran ayat 63 yang artinya “Kemudian mereka berpaling (dari kebenaran), maka sesungguhnya Allah Maha mengetahui orang-orang yang berbuat kerusakan.

“Bila diteliti dalam Al-Qur’an bahwa orang-orang yang berbuat kerusakan mereka hanyalah mengikuti hawa nafsu,” akunya.

Selian itu, tambah Rusli bahwa larangan soal kerusakan juga ada pada hal merusak hak-hak orang lain. Seperti ditegaskan dalam Q.S Asy Syaro ayat 183 yang artinya Dan janganlah kamu merugikan manusia pada hak-haknya dan janganlah kamu merajalela di muka bumi dengan membuat kerusakan.

Baca juga  Berbagi Kebahagian, PT IWIP Berikan Hewan Kurban di Sejumlah TempatĀ 

“Ayat ini mengingatkan kepada kita bahwa jangan kita merusak hak-hak orang lain. Misalnya sudah jelas bagi orang tersebut untuk mendapatkan haknya maka janganlah mempersulit, jangan mengatakan itu bukan hakmu tetapi harus mempermudah dan memberikan yang berhak untuk mendapatkannya,” ujar Rusli.

Disamping itu, kata Rusli, para pembuat kerusakan tidak abadi. Sebagaimana dalam firman Allah SWT pada Q.S Yunus ayat 81 yang artinya sesungguhnya Allah tidak akan membiarkan terus berlangsungnya pekerjaan orang yang membuat kerusakan.

Diakhir khutbah, Rusli menyampaikan sangsi bagi perusak, seperti dijelaskan dalam Q.S Ar Ra’du ayat 25 yang artinya Orang-orang yang merusak janji Allah setelah diikrarkan dengan teguh dan memutuskan apa-apa yang Allah perintahkan supaya di hubungkan dan mengadakan kerusakan di bumi, orang-orang itulah yang memperoleh kutukan dan bagi mereka tempat kediaman yang buruk (Jahannam). (Red)

Share :

Baca Juga

Kabar

Kebijakan Kepala Rutan Tidore Terkait Uang Partisipan Tahanan, Disoal

Uncategorized

Kembali Menulis Negeriku, Tanah Melanesia

Uncategorized

Karena Corona, Musrenbang RKPD Kota Tidore Melalui Vidcom

Uncategorized

Mahar Demokrasi Mahal, Penyebab Maraknya Korupsi
Kegiatan Diskusi Keagamaan oleh Komunitas Jagaloa Afa-Afa

Uncategorized

Tahun Baru Islam, Komunitas Jagaloa Afa-Afa Selenggarakan Diskusi Keagamaan

Uncategorized

Rumah Baca Mobon Smart Literacy dan Dialog Caffe laksanakan Baksos
Ketua dan Anggota KPU Kota Tidore Kepulauan

Kabar

Soal Pakta Integritas dan Tahapan Kampanye Paslon, ini Penjelasan KPU
Suasana pengumuman hasil ujian sekolah

Uncategorized

Siswa SMP N 1 Halteng Lulus 100 Persen