Home / Kabar

Rabu, 1 September 2021 - 09:38 WIB

Kamis Besok, Aliansi Solidaritas Tidore Timur Gelar Aksi. Ini Poin Tuntutannya

ALIANSI SOLIDARITAS TIDORE TIMUR

PEMERINTAH KOTA TIDORE  KEPULAUAN SEGERA WUJUDKAN TUNTUTAN INFRASTRUKTUR DI KELURAHAN MAFUTUTU – JIKO COBO.

Assalamualaikum,wr,wb. Bismillahirrahmanirrahim. Tabea.

Kami tidak basa-basi, kami bicara berdasarkan fakta di lapangan, di tempat tinggal kami di Mafututu dan Jiko-Cobo.

Berdasarkan bacarita pemuda dan tokoh masyarakat, kami mendapatkan hasil persoalan yang sama tentang persoalan yang terjadi di kelurahan kami  (Mafututu dan Jiko-Cobo), yang selama ini masih terabaikan, dan dirasakan langsung oleh pemuda dan masyarakat di kelurahan  Mafututu dan Jiko-Cobo. Oleh karena itu lewat penyataan sikap ini,  kami ingin sampaikan secara serius kepada pemerintah kota Tidore kepulauan bahwa kami sangat membutuhkan fasilitas infrastruktur agar segera dibangun untuk  masyarakat Mafututu dan Jiko-Cobo. Persoalan yang dimaksud di atas adalah sebagai berikut:

1. Persoalan jaringan internet.

Sesungguhnya, kami sangat kesulitan mengakses jaringan internet, mengakses informasi media, mengakses ilmu pengetahuan lewat internet, hal ini sangat berdampak pada ketertinggalan pengetahuan  dan ilmu kami. Mafututu dan Jiko-Cobo masing-masing punyai dua sekolah dasar, di Mafututu punya 1 PAUD, 1 SMP berstatus akreditasi A, 1 SMA, dan beratus mahasiswa yang kesulitan mengakses internet di kampung halaman, kesulitan semacam di atas akan dirasakan juga oleh mahasiswa yang datang ke Mafututu dan Jiko-Cobo selama melakukan kegiatan PBL atau KKN. Kami sebagai saksi, bahwa pada saat mahasiswa  KKN Kebangsaan  2019 melakukan kegitan selama satu bulan di Mafututu,  salah satu kesulitan yang dihadapi mereka adalah akses jaringan internet. Hal ini bagi kami adalah aib besar (masalah besar) bagi Mafututu yang adalah bagian dari kota Tidore kepulauan, sehingga kami menuntut dan mendesak  kepada pemerintah kota Tidore Kepulauan agar serius mengurusi persoalan ini  dengan segera membangun fasilitas tower utk di  kelurahan Mafututu dan Jiko-Cobo menggunakan kekuatan kekuasaan anda.

Baca juga  364 Unit Rumah Layak Huni dibangun di Ternate melalui BSPS

2.  Persoalan kerusakan jalan.

Kami telah menghitung jumlah badan jalan yang berlubang atau rusak di sepanjang kelurahan Mafututu dan Jiko-Cobo. Terdapat 88 badan jalan berlubang atau rusak di jalur Jiko-Cobo, dan 1 jembatan tepatnya di kampung Cobo pante yang sudah hampir 4 tahun sampai hari ini tidak terselesaikan pengaspalannya. Di Mafututu ditemukan terdapat 51 badan jalan berlubang atau rusak, sehingga total kerusakan badan jalan karena berlubang sebanyak 139 titik kerusakan, padahal jalan lintas Mafututu-Jiko Cobo adalah jalan utama akses menuju ke kota Ternate bagi masyarakat Tidore Timur dan sekitarnya. Untuk itu, kami menuntut dan mendesak kepada pemerintah kota Tidore kepulauan agar segera dengan segala pendekatan kekuasaannya memperbaiki atau bila perlu melakukan pengaspalan baru sekaligus pelebaran jalan di sepanjang jalan lintas Mafututu-Jiko Cobo.

3. Persoalan lampu penerangan jalan.

Kami mendesak pemerintah kota Tidore kepulauan, menggunakan kekuasaannya agar segera melanjutkan proyek lampu jalan (yang saat ini sedang berhenti)  ke kelurahan Mafututu dan kelurahan Jiko-Cobo. Menurut data yang kami dapat dari kedua kelurahan bahwa masing-masing kelurahan Mafututu dan Jiko-Cobo mendapatkan jatah 200 titik lampu jalan, jadi total keselurhan lampu penerang jalan adalah sebanyak 400 titik.

Baca juga  Setelah Penetapan Nomor Urut, Dinding Facebook "Banjir Postingan"

4. Masalah Sampah

Berdasarkan survei lapangan kami di kampung halaman kami sendiri, dan berdasarkan survei lapangan mahasiswa KKN Kebangsaan pada tahun 2019 di Mafututu. Salah satu persoalan di kelurahan Mafututu (termasuk Jiko-Cobo) adalah soal sampah. Oleh karena itu kami mendesak agar pemerintah dengan segala kekuasaanya segera memfasilitasi tempat sampah berupa tempat sampah di masing-masing RT, dan memfungsikan mobil pengangkut sampah yang lalu lalang  lewat jalur Mafutut dan Jiko-Cobo untuk mengangkut sampah-sampah di Mafututu dan Jiko-Cobo.

5. Kami merasa sedih, bahwa ternyata persoalan-persoalan di atas pun juga sama dialami oleh saudara-saudara kami di beberapa tempat di wilayah Tidore dataran Halmahera.

Sebagai contoh, di desa Maidi dan desa Lifofa di kecamatan Oba Selatan punya masalah akses jalan dan jaringan yg sama dengan kami di Mafututu dan Jiko-Cobo. Untuk itu, kami pun bersuara atas nama pemerataan pembangunan, pemerintah kota segera lakukan pembangunan yang merata di daerah Tidore yang berada di dataran Halmahera.

Oleh karena itu kami yang tergabung ke dalam Aliansi Solidaritas Tidore Timur menuntut, mendesak dan tetap menunggu respon pemerintah untuk mewujudkan tuntutan -tuntuan pesoalan kami yang ada di kelurahan Mafututu dan kelurahan Jiko-Cobo di atas. Apabila tuntutan-tuntuan di atas tidak diindahkan maka kami akan tetap melawan sampai terwujudkan.

Sekian, terima kasih!!! Salam kami dari pemuda dan masyarakat Mafututu – Jiko Cobo.

Wassalamu’alaikum, wr, wb.

Mafututu – Jiko Cobo, 31 Agustus 2021.

Share :

Baca Juga

Divisi Hukum dan Penindakan Pelanggaran (HPP) Bawaslu Tikep, Amru Arfa, S.H.

Kabar

Sentra Gakkumdu Tindak Lanjuti Laporan Panwascam Tidore Timur

Kabar

Nasdem Malut Kembali Gelar Sahur On The Road

Kabar

PGRI Halteng Sampaikan Keluhan Guru, Kepala Sekolah Serta Pengawas

Kabar

Begini Cara Lurah dan Tim Satgas Covid-19 Gurabunga Cegah Penyebaran Virus
Ketua DPD KNPI Terpilih, Charles Richard saat memberikan sambutan

Kabar

Harapan KNPD untuk Charles Richard yang Terpilih Sebagai Ketua KNPI Halbar

Kabar

Polres Tidore Gelar Syukuran Peringati HUT Bhayangkara ke-74 Tahun
Banjir di Lemba Asri, Wairoro, Weda Selatan

Kabar

Banjir Genangi Rumah Warga di Desa Lemba Asri Weda Selatan
Saiful Salim

Kabar

Akibat Transmisi Lokal, Bertambah Lagi 2 Kasus Baru Positif Covid-19 di Tidore